Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Asman Abnur menginginkan seluruh daerah di Indonesia dapat meniru Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam implementasi tata kelola pemerintahan.

"Yogyakarta adalah contoh pemerintah provinsi yang telah mengimplementasikan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pengintegrasian akuntabilitas kinerja dan sistem e-budgeting. Ini harus ditularkan ke seluruh Indonesia," ujar Menteri Asman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Asman mengatakan ke depan Kementerian PAN dan RB menetapkan lebih banyak provinsi yang bisa menjadi percontohan penerapan akuntabilitas kinerja melalui e-budgeting.

Pada Rabu (10/8), Menteri Asman mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk memantau evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) guna memastikan percepatan implementasi reformasi birokrasi.

Pada kesempatan itu Menteri PAN dan RB mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan oleh Pemprov DIY dalam tata kelola pemerintahan dan berharap Yogakarta menjadi kota barometer implementasi tata kelola pemerintahan yang baik.

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengapresiasi pembinaan yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) terkait perbaikan tata kelola pemerintahan melalui implementasi akuntabilitas kinerja. Asistensi yang diberikan Kementerian PAN dan RB melahirkan sistem "e-performance based budgeting" yang telah diimplementasikan Pemerintah Provinsi DIY beberapa tahun belakang.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016