Jakarta (ANTARA News) - PT KAI Daerah Operasi I Jakarta menyiapkan 10 kereta api tambahan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang libur pada akhir pekan menjelang Idul Adha.

"KA tambahan yang terdiri atas tujuh KA kelas eksekutif dan tiga KA kelas ekonomi itu akan dioperasikan 8-13 September 2016," kata Senior Manajer Humas PT KAI Daop 1, Bambang S Prayitno, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.

Kereta api tambahan yang dioperasikan antara lain Argo Lawu Fakultatif (tujuan solo), Argo Sindoro Tambahan (Semarang), Argo Parahyangan Fakultatif (Bandung), KLB Ekonomi (Surabaya), Cirebon Ekspress Tambahan (Cirebon), Argo Jati Fakulatif (Cirebon), Argo Jati Tambahan (Cirebon), serta KLB ekonomi dan Taksaka Malam Tambahan (Yogyakarta).

Tingginya minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta api terlihat dari tiket KA yang hampir habis terjual pada tanggal-tanggal favorit yakni 8-12 September.

Kereta api diberangkatkan dari Stasiun Besar Gambir yang telah mencapai okupansi 100 persen untuk keberangkatan Kamis (8/9) yaitu KA Argo Anggrek Pagi dan Malam (tujuan Surabaya Pasarturi), Argo Lawu dan Argo Dwipangga (Solobalapan), KA Sembrani (Surabaya Pasarturi), KA Bima dan Gajayana (Malang), KA Taksaka Pagi dan Malam (Yogyakarta), serta KA Purwojaya (Cilacap).

Sedangkan untuk keberangkatan Jumat (9/9), seluruh tempat duduk habis terjual untuk KA Argo Anggrek Pagi dan Malam (Surabaya Pasarturi), Argo Lawu dan Argo Dwipangga (Solobalapan), KA Sembrani (Surabaya Pasarturi), KA Bima dan Gajayana (Malang), KA Taksaka Pagi dan Malam(Yogyakarta), Argo Sindoro dan Argo Muria (Semarang Tawang), Argo Jati (Cirebon), Argo Parahyangan (Bandung), Bangunkarta (Surabaya Gubeng), serta KA Purwojaya (Cilacap).

"Tinggal beberapa KA seperti Cirebon Ekspress dan Tegal Bahari tujuan Cirebon dan Tegal yang masih tersisa, itu pun hanya rata-rata tinggal 15 persen," kata Bambang.

Sementara keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, untuk keberangkatan Kamis (8/9) hampir semua KA sudah mencapai 100 persen okupansi kecuali KA Serayu Pagi, KA Menoreh Pagi, KA Gajahwong, KA Kertajaya, dan KA Jakatingkir.

Tiket yang tersisa pun hanya berkisar rata-rata 25 persen dari total tiket yang dijual, kecuali KA Kertajaya. Sedangkan KA untuk keberangkatan Jumat (9/9) hanya KA Serayu Malam dan KA Kertajaya yang tersisa tiketnya.


Pewarta: Yashinta Difa P.
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016