Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga mengakui keterbatasan pengiriman kontingen Indonesia dalam pesta olahraga Asian Beach Games (ABG) V yang digelar di Danang, Vietnam pada 24 September - 3 Oktober 2016.

"Kami akui hampir saja kontingen Asian Beach Games ini dikirim dalam kondisi yang minimalis menyusul keterbatasan anggaran. Kami semula memperkirakan hanya mengirim satu atau dua cabang olahraga," kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Gatot S. Dewa Broto setelah melepas kontingen Indonesia di Jakarta, Kamis.

Kemenpora, lanjut Gatot, lantas mempertimbangkan keikutsertaan tim Merah-Putih dalam ABG 2016 menyusul Indonesia sebagai salah satu negara yang turun menginisiasi pesta olahraga pantai itu.

"Komite Olimpiade Indonesia semula mengusulkan anggaran Rp20 miliar. Kami memberikan sekitar Rp6 miliar yang berarti sekitar sepertiga untuk jumlah delapan cabang olahraga yang dikirim," ujar Kepala Komunikasi Publik Kemenpora itu.

Gatot menjelaskan keterbatasan anggaran itu berimbas pada latihan kontingen Indonesia yang lebih pendek. "Kami juga harus menggandeng sponsor untuk pengadaan baju atlet," katanya.

Durasi tinggal kontingen Indonesia di Vietnam pun dibatasi dengan waktu keberangkatan lebih dekat dengan hari pertandingan yaitu pada 23 September. "Idealnya, kontingen berangkat empat hari sebelum pertandingan untuk penyesuaian cuaca dan lokasi pertandingan," katanya.

Gatot lantas mengapresiasi atlet-atlet Merah-Putih yang memilih ikut dalam Asian Beach Games 2016 meskipun berangkat dalam keterbatasan.

"Kami apresiasi mereka meskipun ada godaan bonus di Pekan Olahraga Nasional (PON). Asian Beach Games ini sudah kami rencanakan jauh-jauh hari. Tapi, atlet punya hak jika tetap memilih PON karena itu adalah hajatan nasional dengan sejarah yang panjang," ujarnya.

Gatot menambahkan kontingen Indonesia tetap harus berupaya maksimal untuk mencapai target yaitu tiga medali emas meskipun persiapan mereka terbatas. "Jika dua tahun lalu kita menempati peringkat tujuh, setidaknya kita nanti pulang dengan peringkat enam," katanya.

Pada Asian Beach Games V/2016 Indonesia mengirim 79 atlet dan ofisial dari delapan cabang olahraga, yakni beach waterpolo, beach volley, 3x3 basketball, pencak silat, beach woodball, beach sepak takraw, vovinam dan beach rowing.

"Kami mengharapkan tiga target medali emas dapat diraih dari cabang voli pantai, wood ball dan beach rowing," kata ketua kontingen Indonesia Hellen Sarita de Lima.

Pada Asian Beach Games IV di Phuket Thailand 2014, Indonesia berada di peringkat tujuh dengan raihan tujuh emas, tujuh perak dan 14 perunggu. 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016