Jakarta (ANTARA News) - SVP Synergy and Portfolio Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk, Achmad Sugiarto menerima anugerah Satyalencana Wira Karya dari Pemerintah sebagai tanda kehormatan kepada WNI yang telah memberikan darma baktinya yang besar kepada Nusa dan Bangsa.

Satyalencana Wira Karya tersebut diberikan Pemerintah karena Achmad Sugiarto yang dianggap telah berjasa membangun, mendidik dan membuat Startup Indonesia berhasil dan membawa nama baik Indonesia menjuarai ajang kompetisi inovasi nasional dan internasional pada 2015, demikian keterangan yang diterima ANTARA, Rabu.

Anugerah tersebut diserahkan dalam upacara Peringatan Hari Bhakti Postel ke-71 di Bandung yang dipimpin langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudi Antara di Bandung, Selasa (27/9).

Perjalanan karir digitalnya, Achmad Sugiarto mentransformasi Telkom Multimedia tahun 2012 menjadi Telkom Solution Convergence 2013, dan Telkom Digital Business pada 2014. Disinilah momentum-momentum Digital mulai ia rintis dengan inisiatif pengembangan ekosistem yang fit dengan kebutuhan pasar Indonesia.

Pada 2015, Sugiarto berhasil mengkondisikan banyak nara sumber berkualitas mancanegara dan dalam negeri datang sukarela membantu Startup Indonesia keJAKDiVa berbagi untuk komunitas Telkom sebagai pemain utama di Region, pertemanan yang dibangun dengan akselerator-akselerator di Sillicon Valley, ASEAN dan Eropa khususnya Inggris.

Bahkan, dia juga telah berhasil membawa banyak juara juara inovasi internal di ajang lomba inovasi nasional Telkom.

Dari momentum tersebut, Achmad Sugiarto dengan sekejap telah membuat brand DDB Accelerator disegani, berhasil membangun startup network-hub mengumpulkan 5000 startup di JAKDiVa bersama Startup lokal dan RTIK di seluruh pelosok negeri, melalui program pembiayaan (funding), kurikulum ekosistem Bisnis Digital, Startup Meetup, dan juga tentu sebagai solusi pelanggan Telkom yang dikelola secara rutin.

Menurut Achmad Sugiarto, menuju Indonesia yang hebat diperlukan sinergi bersama.

Pada 2016 ini, dirinya sedang menggalang Synergy Way of Disruption guna mendukung Revolusi Digital Menuju Indonesia Hebat.

Disisi lain, Achmad Sugiarto, pada 2016 ini juga telah melahirkan beberapa program sinergi BUMN antara lain kerjasama produksi reborn Film Animasi Petualangan Si Unyil bersama PFN, Penggelaran 1000 Pustaka Digital (PaDi) diseluruh Indonesia serta bekerjasama konten dengan Balai Pustaka.

Selain itu, dia juga telah membuat beberapa program sinergi BUMN "Hadir Untuk Negeri" lainnya seperti dengan PNRI, PT Surveyor Indonesia, PT INTI, dan LKBN Antara. 

Pewarta: N. Aulia Badar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016