Purwokerto (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuat inovasi untuk mempermudah penumpang KA dalam memesan makanan yang akan disantap selama perjalanan.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko di Purwokerto, Selasa mengatakan inovasi ini berupa layanan pemesanan makanan lewat internet yakni "website" https://tiket.kereta-api.co.id.

"Pemesanan makanan dapat dilakukan minimal dua hari sebelum tanggal keberangkatan," jelasnya.

Ia mengatakan pemesanan makanan dapat dilakukan calon penumpang dengan cara memasukkan kode "booking" pemesanan tiket ke dalam menu "pre-order" pada laman https://tiket.kereta-api.co.id.

Setelah itu, kata dia, calon penumpang bisa melihat daftar menu makanan yang akan dipesan melalui menu "pre-order".

Dalam hal ini, lanjut dia,PT Reksa Multi Usaha (RMU) selaku pengelola restorasi menyediakan banyak menu makanan yang disajikan di KA seperti nasi ayam penyet, nasi goreng Parahyangan, nasi rames, nasi uduk, nasi ayam crispy, nasi goreng oriental, empat macam menu dari Solaria, dan empat macam menu dari Dcost.

"Selain makanan juga banyak minuman yang tersedia untuk melengkapi perjalanan kereta para penumpang. Harga makanan yang disediakan kru restorasi dibanderol sebesar Rp30.000, sedangkan minuman berkisar Rp6.000-Rp9.000," katanya.

Menurut dia, pembayaran makanan yang dipesan itu bisa dilakukan cara transfer kepada PT RMU.

Ixfan mengatakan restorasi seluruh KA penumpang yang melintas maupun yang diberangkatkan dari wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto dilayani oleh PT RMU.

Dengan demikian, kata dia, calon penumpang dapat memesan makanan melalui laman https://tiket.kereta-api.co.id.

"Semua pesanan akan terdata dalam daftar pemesanan secara sistem," tegasnya.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama PT RMU I Teguh Budiarto mengatakan dengan adanya pemesanan makanan melalui laman https://tiket.kereta-api.co.id akan memudahkan para penumpang untuk memesan makanan dan minuman yang akan disantap di atas KA.

Dengan adanya layanan pemesanan makanan melalui laman, kata dia, PT RMU ikut andil dalam memanjakan para penumpang sepanjang perjalanan mengunakan KA.

"Ini juga guna meningkatkan pelayanan dan pendapatan reska (restorasi kereta api) agar semakin maju dan berkembang. Kami juga memanfaatkan kemajuan teknologi karena setiap orang sudah mudah mengakses pemesanan tiket dan makanan secara online," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016