Bandung (ANTARA News) - Panitia Besar Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 menyebar sekitar 1.200 undangan untuk upacara pembukaan Peparnas XV/2016 yang akan dilaksanakan di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Sabtu (15/10).

"Untuk undangan open ceremony Peparnas nanti ada sekitar 12 ribuan. Insha Allah penuh. Itu undangannya ada buat masyarakat, anak sekolah juga," kata Ketua Umum PB PON XIX dan Peparnas XV Ahmad Heryawan di Bandung, Jumat.

Prosesi pembukaan Peparnas 2016 selain mengusung tagline menembus batas juga akan mengekspresikan spirit prestasi internasional yang akan kita tuangkan dengan tema Terbanglah Gaduraku Mendunia.

Aher menjanjikan sesuatu yang berbeda pada upacara pembukaan ajang tersebut jika dibandingkan dengan upacara pembukaan PON XIX/2016 yang dilaksanakan pada 17 September di Stadion Utama Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Kata Pak Wagub, nanti opening ceremony Peparnas akan ada sesuatu yang berbeda. Pokoknya nanti lihat saja, kejutan pokoknya," ujar Aher.

Menurut dia, tidak ada perbedaan dalam melayani para atlet Peparnas XV dengan maksimal dan akan ada berbagai fasilitas yang diberikan kepada atlet Peparnas.

"Jadi akan kita sambut dan kita pastikan para atlet biar aman, tentram dan nyaman," ujar dia.

Ia mengatakan secara spesifik seluruh akses untuk difabel mulai dari hotel, akses jalan menuju tempat pertandingan, hingga kendaraan pengangkut dengan fasilitas khusus difabel disiapkan pihak panitia.

"Untuk fasilitas untuk Peparnas bahkan lebih mewah dari PON kemarin, terutama untuk hotel itu bintang empat dan bintang lima kita pilih karena hotel tersebutlah yang menyediakan akses untuk para difabel ini," kata dia.

Menurut dia, para atlet PON kemarin yang bertanding di daerah luar Kota Bandung dan masih ada yang tinggal di hotel bintang tiga bahkan ada yang tinggal di hotel melati.

Ia mengatakan sebanyak 2.842 atlet akan bertanding selama pelaksanaan Peparnas dari tanggal 15 Oktober hingga 24 Oktober 2016.

"Untuk hotel yang digunakan untuk para atlet ada 15 untuk ofisialnya ada 14 hotel jadi totalnya seluruh ada 29," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016