... komitmen saya, mulai Sabang sampai Merauke, semua pangdam saya perintahkan untuk siaga semuanya. Jangan ragu, kerahkan semua kekuatan daya yang ada...
Jakarta (ANTARA News) - Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, menegaskan bahwa seluruh jajaran TNI mendukung Kepolisian Indonesia mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak 2017.

"Ini komitmen saya, mulai Sabang sampai Merauke, semua pangdam saya perintahkan untuk siaga semuanya. Jangan ragu, kerahkan semua kekuatan daya yang ada," kata Nurmantyo, saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan pelaksanaan Pilkada serentak 2017 merupakan pesta demokrasi sehingga akan menyiapkan semua jajarannya mendukung Kepolisian Indonesia. 

Menurut undang-undang, adalah Kepolisian Indonesia yang menjadi pelaksana utama pengamanan dan ketertiban sipil. Dalam hal pengamanan Pilkada, sebagai misal, pelibatan TNI adalah bawah kendali operasi atas permintaan Kepolisian Indonesia. 

Secara terpisah, Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian, mengatakan, "Polri dan TNI merupakan kekuatan inti, didukung stakeholders lainnya, kita harap bisa kerja bersama sama untuk menjaga kamtibnas."

Karnavian juga menegaskan, posisi Kepolisian Indonesia netral dalam menjaga keamanan dan stabilitas kamtibnas.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016