Jakarta (ANTARA News) - Jandia Eka Putra terpaksa harus absen membela timnas saat menghadapi pertandingan uji coba melawan tuan rumah Myanmar di Yangon, Jumat (4/11) dan Vietnam empat hari berikutnya setelah mengalami cedera otot leher.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh PSSI di Jakarta, Selasa, pemain tim Semen Padang ini menjadi satu-satunya pemain yang tidak dibawa oleh pelatih Alfred Riedl dari 27 pemain yang dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan di Karawaci, Tangerang, Banten.

Dengan absennya palang pintu tim yang berjuluk Kabau Sirah ini, praktis tinggal tiga penjaga gawang yang ada yaitu Kurnia Meiga, Andritany Ardiyasa dan Dian Agus Prasetyo. Khusus untuk Andritany sebenarnya kondisinya belum maksimal setelah sebelumnya mengalami cedera.

"Jandia kami istirahatkan. Sebenarnya secara kualitas dia tidak kalah dengan penjaga gawang yang lain," kata Alfred Riedl dalam keterangannya.

Pemusatan latihan di Karawaci sebenarnya tidak diikuti oleh 27 pemain yang dipanggil. Beberapa pemain absen seperti pemain naturalisasi Stefano Lilipaly, Andik Vermansyah dan Irfan Bachdim.

Meski demikian, ketiganya dipastinya akan bergabung dengan Kurnia Meiga dan kawan-kawan pada pertandingan uji coba tersebut. Khusus untuk Lilipaly dijadwalkan akan bisa bergabung dengan timnas saat menghadapi Vietnam atau dipertandingkan uji coba kedua.

Boaz Solossa yang pada latihan terakhir harus absen karena pulang ke Papua karena ada urusan keluarga juga dipastikan kembali bergabung dan berangkat bersama dengan pemain timnas Indonesia lainnya. Sesuai dengan rencana, rombongan Timnas Garuda akan bertolak menuju Yangon, Rabu (2/11).

Dua pertandingan uji coba melawan Myanmar dan Vietnam dijadikan pelatih Alfred Riedl untuk mengukur kemampuan timnas. Apalagi, pelatih asal Austria ini menilai kondisi fisik pemain kurang maksimal. Padahal pertandingan resmi Piala AFF 2016 sudah didepan mata.

"Dua pertandingan uji coba ini juga akan kami gunakan untuk melihat perkembangan kondisi pemain," kata mantan pelatih timnas Vietnam itu.

Timnas Indonesia pada Piala AFF 2016 tergabung di Grup A bersama dengan tuan rumah Filipina, sang juara bertahan Thailand serta tim langganan juara kejuaraan dua tahunan itu yaitu Singapura. Pada pertandingan yang dimulai 19-25 November ini, Timnas Garuda bisa dikatakan masuk grup berat.

Sementara di Grup B, tuan rumah Myanmar akan bersaing untuk lolos ke babak semifinal bersama dengan Malaysia, Vietnam dan Kamboja yang dibabak kualifikasi mampu mengalahkan Timor Leste.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016