Kita syukuri dan kita harapkan terus konsisten
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengharapkan permainan timnas Indonesia U-23 terus konsisten hingga mampu mencapai babak final Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

Wapres mensyukuri Garuda Muda sebelumnya berhasil mengalahkan Korea Selatan (Korsel) di perempat final melalui drama adu penalti.

"Saya kira itu kita syukuri dan kita harapkan terus konsisten," kata Wapres melalui unggahan video dari Biro Pers Sekretariat Wakil Presiden yang diterima di Jakarta, Jumat.

Wapres sebelumnya meyakini jika pemain timnas Indonesia U-23 bermain penuh percaya diri dan penuh semangat sama seperti saat melawan Australia maka Korsel pun dapat dikalahkan.

"Tentu orang banyak meragukan itu tetapi seperti saya bilang kemarin bahwa Australia itu rankingnya 24, ternyata bisa dikalahkan oleh tim Garuda Indonesia. Karena itu, tidak mustahil bahwa Korea Selatan pun karena rankingnya cuma selisih satu ya 23, kalau mainnya seperti itu konsisten, percaya diri, penuh semangat, pantang menyerah itu bisa mengalahkan Korea, ternyata terbukti," ucap Wapres.

Baca juga: Melongok lagi perjalanan Garuda Muda di pentas Piala Asia

Di semifinal, Indonesia akan melawan pemenang laga antara Uzbekistan melawan Arab Saudi yang bermain di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Jumat malam pukul 21.00 WIB.

Wapres juga optimis jika permainan Garuda Muda dapat dipertahankan maka salah satu dari negara tersebut juga bisa dikalahkan.

"Lawan yang akan di semifinal nanti antara (Arab) Saudi dan Uzbekistan, memang di masa-masa yang lalu kita selalu dikalahkan oleh tim Saudi tetapi sekali lagi kalau kita mainnya seperti kemarin terus dipertahankan ini tidak mustahil Saudi akan dikalahkan oleh timnas Indonesia dan itu yang kita harapkan," ujar Wapres.

Selain itu, Wapres juga mengharapkan, selain permainan yang bagus, Garuda Muda juga memiliki mental juara.

Baca juga: Ernando Ari: Kami ingin menjadi juara Piala Asia U-23

"Jadi, kita harapkan bahwa sekarang sudah selain memiliki permainan yang cukup bagus tetapi juga sudah memiliki mental juara, itu yang kita harapkan. Karena itu, kita doakan saja Insya Allah mudah-mudahan di semifinal Garuda Muda kita akan keluar sebagai pemenang dan nanti akan bertanding di final," kata Wapres.

Sebelumnya, Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong (STY) mengatakan sudah tahu Garuda Muda akan melaju sampai semifinal Piala Asia U-23 2024 Qatar sebelum turnamen dua tahunan itu dimulai pada 15 April.

Shin mengatakan mencapai babak empat besar Piala Asia U-23 merupakan sebuah prestasi yang selama ini ia yakini karena ia mengetahui betul kemampuan anak-anak asuhnya yang sudah banyak bersamanya sejak menangani Indonesia pada Desember 2019 seperti Rizky Ridho, Ernando Ari, Pratama Arhan hingga Marselino Ferdinan.

Baca juga: STY merasa campur aduk seusai antar Indonesia ke semifinal

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024