Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video menampilkan seorang pria mengenakan baju dan topi hitam yang diklaim sebagai pelatih Guinea mengatakan bahwa timnya belum pasti berada di Paris untuk mengikuti pertandingan play off melawan tim Indonesia. 

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“kabar gembira buat teamnas garuda U23 indonesia 

Guniea U23 mudur dari play off olimpiade”

Berikut terjemahan dalam video tersebut:

“Ini tentu tidak menguntungkan kami tapi saya harus katakan kalau tim kami belum pasti berada di paris untuk melakukan Play off”

Namun, benarkah Guinea mengundurkan diri dari play off?

 

Unggahan video disinformasi yang menarasikan Guinea mengundurkan diri dari play off dan Indonesia lolos ke Olimpiade Paris. Faktanya, video tersebut tidak berhubungan dengan pertandingan play off Indonesia Guinea. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, unggahan tersebut serupa dengan video YouTube zmedia tv Officiel yang berjudul “CAN2023: Kaba Diawara sélectionneur de la Guinée reste objectif face à la RDC” atau jika diterjemahkan berjudul “CAN2023: Pelatih Kaba Diawara dari Guinea tetap objektif melawan DRC” pada 1 Februari 2024.

Translate dalam potongan video TikTok tersebut tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Dalam keterangannya, Pelatih Guinea Kaba Diawara menyatakan berjanji untuk mememangkan kompetisi perempat final CAN 2023 melawan DRC atau Kongo. 

Guinea menghadapi tim Kongo Jumat (02/02) ini dalam pertandingan yang menentukan, pada perempat final CAN 2023. Meskipun sulit, Kaba Diawara tidak berniat untuk meninggalkan kompetisi ini pada tahap ini.

Dengan demikian, video tersebut tidak ada kaitannya dengan pengunduran diri diplay off melawan Indonesia Kamis (9/5) pukul 20.00 WIB.

Klaim: Guinea mengundurkan diri dari play off

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Alex Ferguson komentari kekalahan Timnas Indonesia dari Irak

Cek fakta: Disinformasi! AFC akan jadwalkan ulang Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023

Baca juga: Timnas U-23 tiba di Paris untuk mainkan pertandingan playoff

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024