Alkmaar, Belandaa (ANTARA News) - Ajax gagal meraih meraih kemenangan dalam laga pekan ke-12 Eredivisie Liga Belanda usai ditahan imbang AZ Alkmaar 2-2 dalam lawatan ke Stadion AFAS , Minggu.

Hal itu membuat tim besutan Peter Bosz itu juga gagal menyamakan perolehn poin dengan pemuncak klasemen sementara Feyenoord. Meski demikian Ajax tetap berada di urutan kedua dengan raihan 27 poin, terpaut dua poin dari Feyenoord (29) yang baru akan melakoni pertandingan pekan ke-12 selepas pertandingan Ajax rampung.

Sementara bagi AZ (20) satu poin tambahan tak mengubah posisi mereka di urutan kelima klasemen.

Dwigol yang dicetak penyerang Wout Weghorst seolah menjadi momok bagi Ajax yang mencetak gol lewat Bertrand Traore dan Davy Klaassen.

Mengusai 63 persen pengendalian bola dan melepaskan 23 percobaan tembakan yang 10 di antaranya tepat sasaran, Ajax justru tertinggal lebih dulu dari tuan rumah lewat gol Weghorst pada menit 13.

Tim tamu bahkan harus menunggu hingga rampung turun minum, tepatnya dua menit memasuki babak kedua, untuk menyamakan kedudukan lewat sepakan kaki kiri Traore yang menyelesaikan umpan kiriman Amin Younes.

Ajax akhirnya membalikkan keadaan dengan sepakan jarak dekat Davy Klaassen pada menit 62.

Akan tetapi keunggulan itu tak bertahan hingga laga usai, sebab pada menit 79 Weghorst mencetak gol keduanya untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah menyambut umpan silang Alireza Jahanbakhsh dengan sontekan kaki kanan.

Dalam keadaan imbang, Ajax memperoleh tak kurang dari lima peluang untuk memastikan kemenangan, namun tak satupun membuahkan hasil.

Dua tembakan beruntun dari Kasper Dolberg dan Traore pada menit 82 berhasil dihalau barisan pertahanan AZ, sementara tendangan jarak jauh dari Lasse Schoene dan Traore masing-masing pada menit 82 dan 90 masih bisa diselamatkan penjaga gawang Sergio Robert.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

AZ Alkmaar (4-3-3): Sergio Rochet (PG); Mattias Johansson, Ron Vlaar, Stijn Wuytens, Ridgeciano Haps; Derrick Luckassen, Robert Muehren, Ben Rienstra; Alireza Jahanbakhsh, Wout Weghorst, Levi Garcia
Pelatih: John van den Brom

Ajaz (4-3-3): Andre Onana (PG); Joel Veltman, Davinson Sanchez, Nick Viergever, Daley Sinkgraven; Davy Klaassen, Lasse Schoene, Hakim Ziyech; Bertrand Traore, Kasper Dolberg, Amin Younes
Pelatih: Peter Bosz

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016