Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi I DPR RI Syarifuddin Hasan meminta pemerintah mengungkap aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi saat aksi damai 4 November untuk menuntut penegakan hukum terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Sebaiknya disebutkan saja siapa tokoh yang dimaksud dan diproses secara hukum," katanya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat itu mengatakan pengungkapan itu diperlukan agar tidak ada saling curiga di antara tokoh politik dan masyarakat.

"Seharusnya tegas saja. Jangan membuat masyarakat bertanya-tanya. Tokoh-tokoh politik ini kan banyak. Bisa saja partai ini, tokoh ini, bisa juga orang dalam Istana karena di dalam banyak tokoh politik," katanya.

Saat menyampaikan konferensi pers pada Sabtu dini hari (5/11), Presiden Joko Widodo menyesalkan kericuhan yang terjadi ketika pengunjuk rasa justru berangsur bubar sekitar pukul 19.00 WIB.

"Kita menyesalkan kejadian ba'da Isya yang seharusnya sudah bubar tetapi menjadi rusuh dan ini kita lihat telah ditunggangi oleh aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi," katanya.


Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016