Ada ketegasan dari KPK, jangan terlalu digantung"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diminta untuk turun tangan membenahi internal partai.

Menurut anggota Dewan Pembina PD, Syarifuddin Hasan, peran SBY dapat meningkatkan elektabilitas partai menjelang Pemilu 2014. "Beliau tahu meningkatkan elektabilitas. Apa pun langkah yang dilakukan itu yang terbaik. Saya pesan SOS kepada Presiden. Supaya turun tangan. Saya harapkan begitu," kata Syarifuddin di Jakarta, Senin.

Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan juga meminta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menetapkan status hukum Ketua Umum PD Anas Urbaningrum yang selama ini menjadi pemberitaan media massa. Akibat dari pemberitaan itu, elektabilitas Partai Demokrat menjadi turun.

"Ada ketegasan dari KPK, jangan terlalu digantung. Harus ada ketegasan status kader-kader Demokrat, khususnya Anas," kata Syarif.

Menurut Syarief, bila KPK tak kunjung menuntaskan kasus Anas, diprediksi Partai Demokrat tak lolos parliementary threshold (PT).

"Ini bahaya, kalau tidak ada langkah, bisa tidak lolos PT (presidential threshold). Jadi perlu ada langkah-langkah," ujarnya.

Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, suara Partai Demokrat merosot tajam. Partai Demokrat yang merajai Pemilu 2009 dalam survei ini tergambar mengalami jatuh bebas, yakni 8,3 persen.

(Zul)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013