Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi X DPR RI Mohamad Sohibul Iman mendorong generasi pelajar di Tanah Air untuk dapat mencari dan memanfaatkan kesempatan beasiswa sebesar-besarnya untuk mewujudkan mimpi mereka dalam rangka meraih prestasi.

"Sekarang sudah sangat mudah mencari beasiswa. Kita tinggal manfaatkan handphone untuk mencari semua informasinya," kata Sohibul Iman dalam rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera itu, jangan sampai keterbatasan yang dimiliki pelajar menghalangi kesempatan untuk lebih berprestasi.

Pelajar sebagai generasi penerus, ujar dia, harus memiliki tekad dan keberanian untuk bermimpi dalam meraih beasiswa yang banyak tersedia.

Sohibul Iman yang juga menjabat sebagai Presiden PKS itu mengatakan masih banyak beasiswa yang tersedia selain beasiswa dari pemerintah seperti Bidikmisi, beasiswa prestasi dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada pelajar untuk tidak hanya sekadar pintar tetapi jangan sampai melupakan doa dan ibadah agar mereka memiliki spiritualitas yang baik.

Sebelumnya, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menyatakan bahwa 78 persen penerima Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Miskin (Bidikmisi) merupakan lulusan terbaik.

"Data kami menyebutkan 78 persen penerima Bidikmisi merupakan lulusan terbaik. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mereka antara 3.0 hingga 4.0. Kami punya data itu," ujar Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, saat bertemu dengan mahasiswa Bidikmisi dan Adik wilayah Aceh di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Jumat (21/10).

Nasir melihat berdasarkan prestasi akademik yang bagus dari para penerima beasiswa, dapat diyakini bahwa di masa depan para penerima beasiswa adalah pemimpin di masa depan.

Ke depan, Nasir berjanji akan selalu berusaha untuk meningkatkan kuota maupun jumlah pembiayaan beasiswa yang meningkat dengan menggandeng Pemerintah Daerah maupun BUMN. 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016