Texas (ANTARA News) - Perintis bidang medis dan bedah jantuh Amerika Serikat Dr Denton A Cooley meninggal dunia dalam usia 96 tahun pada Jumat (18/11) waktu setempat.

“Teman-teman dan rekan-rekan di Texas Heart Institute, bergabung dengan keluarganya berkabung atas kematian pelopor medis dan ahli bedah jantuh terkenal di dunia Dr Denton A. Cooley,” kata Institut Jantung Texas, yayanan penelitian jantung yang didirikan oleh Cooley pada 1962.
 
Cooley, yang sukses melakukan transplantasi jantung pertama pada manusia di Amerika Serikat, merupakan pendidi Texas Heart Institute dan salah seorang ahli bedah jantung paling terkenal di dunia.

Seorang juru bicara Rumah Sakit Anak Texas, di mana anak menantu Cooley bertindak sebagai kepala ahli bedah, mengatakan bahwa Cooley meninggal di rumahnya di Houston, Jumat pagi, dikelilingi oleh empat anak perempuannya.

Cooley, yang diperkirakan telah mengoperasi sekitar 100.000 orang, mengembangkan banyak teknik yang digunakan dalam operasi jantung dan mendapatkan kehormatan Presidential Medal of Freedom, penghargaan sipil tertinggi AS, menurut Reuters dalam laporannya.

Cooley melakukan transplantasi jantung pertama yang berhasil di Amerika Serikat pada tahun 1968, setahun setelah Dr Christiaan Barnard dari Afrika Selatan menjadi yang pertama di dunia.

Pada 4 April 1969, dengan tidak ada donor jantung yang tersedia untuk pasien sekarat, Cooley menanamkan jantung buatan di Haskell Karp, seorang pria 47-tahun dari Illinois.

Perangkat itu terus membuat Karp tetap hidup selama 65 jam sampai jantung manusia untuknya tersedia. Namun Tuhan berkehendak lain, Karp akhirnya meninggal dunia sehari kemudian.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016