Yogyakarta (ANTARA News) - Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan pelatihan "job hunting" kepada lulusan atau ners baru agar memiliki keunggulan bersaing.

"Pelatihan job hunting menjadi salah satu upaya mempersiapkan lulusan kami agar mampu bersaing di dunia kerja," kata Koordinator Kemahasiswaan Promosi dan Alumni (KPA) PSIK UMY Wulan Noviani di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, kegiatan untuk mempersiapkan lulusan yang berkualitas itu juga melibatkan partisipasi alumni PSIK UMY dengan cara berbagi pengalaman kerja serta strategi dalam menghadap dunia kerja.

"PSIK UMY yang meraih Akreditasi A terus memotivasi civitas akademika untuk berprestasi dan memiliki keunggulan," kata Wulan.

Ia mengatakan salah satu upaya khusus yang dilakukan untuk menumbuhkan semangat mahasiswa yang telah dan belum mendapatkan prestasi adalah dengan memberikan sertifikat penghargaan khusus kepada yang berprestasi.

"Penghargaan khusus kepada mahasiswa berprestasi itu diberikan sebagai bentuk apresiasi dan penular semangat bagi mahasiswa lain. Sertifikat ini diberikan pada saat kegiatan seminar motivasi," katanya.

Menurut dia, para mahasiswa telah didorong untuk terus berprestasi sejak menjadi mahasiswa baru. PSIK UMY selalu menanamkan motivasi kepada mahasiswa untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik serta selalu aktif dan kreatif.

Selain itu juga berani mengambil risiko dengan cara menangkap setiap peluang yang ada untuk mengembangkan potensi dan minat bakat yang dimiliki untuk berprestasi.

Ia mengatakan mahasiswa PSIK UMY juga rutin mendapatkan pelatihan "soft skill" yang dapat meningkatkan kemampuan asuhan keperawatan, "public speaking", altruisme, kepemimpinan, komunikasi, kerja sama, dan tanggung jawab.

"Kami selalu berusaha memfasilitasi semua kegiatan kemahasiswaan serta menumbuhkan semangat berprestasi untuk semua civitas akademika," kata Wulan.

Ia mengemukaka beberapa prestasi yang diraih mahasiswa PSIK UMY di antaranya Juara 1 dan Juara Favorit Lomba Video Edukasi Tingkat Nasional dalam acara Nursing Scientific Festival (NSF) dan Juara 1 Olimpiade Keperawatan Nasional.

"Selain mahasiswa, prestasi juga diraih dosen PSIK UMY yaitu Fitri Arofiati, yang menjadi invitation keynote speaker dalam acara 6th International Conference of Nurses (6th ICONs) di Cebu Normal University, Filipina," katanya.

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016