Surabaya (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengantisipasi lonjakan penumpang di musim libur natal dan tahun baru 2016 dengan melakukan penambahan gerbong untuk 28 destinasi.

"28 perjalanan atau destinasi kereta api (KA) yang sudah kita siapkan gerbong tambahan di sepanjang musim libur natal dan tahun baru 2016 ini adalah destinasi favorit banyak penumpangnya," jelas Dirut PT KAI Edi Sukmoro, di sela inspeksi di Stasiung Gubeng, Surabaya, Kamis malam.

Ia mencontohkan destinasi KA yang selalu banyak penumpangnya di wilayah PT KAI Daerah Operasi (DAOP) VIII Surabaya adalah KA Sancaka, jurusan Surabaya - Yogyakarta, dan KA Kertajaya, jurusan Surabaya - Jakarta.

"Ya, dari 28 destinasi yang akan kita tambah gerbongnya selama musim libur natal dan tahun baru 2016, dua di antaranya adalah untuk KA Sancaka jurusan Surabaya - Yogyakartya dan KA Kertajaya jurusan Surabaya - Jakarta," terangnya.

Diperkirkakan lonjakan penumpang pada musim liburan natal dan tahun baru 2016 bakal mencapai 6 persen dibanding pada rentang waktu yang sama pada tahun lalu. Sedangkan khusus untuk wilayah PT KAI Daop VIII Surabaya, lonjakan penumpang diprediksi hanya sebesar 5 persen.

Mantan Direktur Aset Non-produksi PT KAI yang mengawali karir dari karyawan PLN telah menambahkan masa operasional bagi seluruh karyawan PT KAI untuk liburan natal dan tahun 2016 mulai tanggal 23 Desember 2016 hingga 8 Januari 2017.

"Jadi selama masa operasi liburan natal dan tahun baru 2016 yang telah kita tetapkan itu, semua pegawai kereta api harus turun untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang," tegasnya.

Edi menambahkan, untuk pelayanan dan keamanan bagi penumpang di dalam tiap stasiun selama masa liburan tersebut, PT KAI mengerahkan personil dari polsek dan koramil setempat. "Juga ada personil K9 yang akan memperketat penjagaan keamanan di tiap stasiun," ungkapnya.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo/Hanif Nashrullah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016