Bogor (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Dramaga, Bogor, Jawa Barat memprakirakan cuaca pada malam pergantian tahun di wilayah Bogor dan sekitarnya akan diguyur hujan dini hari hingga keesokan harinya.

"Cuaca tanggal 31 Desember 2016 pada malam hari berpotensi hujan dengan intensitas sedang. Hingga dini hari masih berpotensi hujan ringan," kata Dedi Sucahyono, Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Dramaga, di Bogor, Rabu.

Berdasarkan pengamatan citra satelit, cuaca di wilayah Bogor pada hari menjelang pergantian tahun umumnya cerah berawan di pagi hari. Kondisi tersebut berlangsung hingga siang.

"Sore hingga malam diprediksi terjadi hujan ringan hingga sedang," katanya lagi.

Ia mengatakan, pada umumnya suhu udara di wilayah Bogor berkisar antara 22 sampai 33 derajat celsius, dengan kelembaban udara umumnya berkisar antara 60 sampai 95 persen.

Hujan ringan berpotensi terjadi keesokan harinya 1 Januari 2017. Hingga siang dan sore hari juga diperkirakan terjadi hujan ringan sampai lebat.

"Awal tahun diprediksi hujan hingga malam hari. Dini hari baru pada umumnya cerah berawan," katanya pula.

Awal tahun, lanjutnya, cuaca cukup mendukung untuk beristirahat libur dengan suhu udara berkisar antara 22 sampai 33 derjat celsius dan kelembaban mencapai 60 sampai 90 persen.

Potensi hujan yang diperkirakan terjadi pada malam pergantian tahun dapat menjadi informasi bagi masyarakat yang ingin merayakan malam tahun baru agar dapat membawa perlengkapan diri, supaya perayaan tahun baru tidak batal atau terganggu karena hujan.

Menurut Dedi, potensi hujan ringan hingga sedang diprediksikan terjadi selama tiga hari sebelun malam tahun baru, yakni mulai dari 28 Desember 2016.

Pantauan dari citra satelit diperkirakan cuaca pada tanggal 28 Desember 2016 pagi harinya cerah berawan.

"Siang dan sore hari terdapat awan yang berpotensi terjadi hujan ringan, hingga malam hari," katanya pula.

Cuaca kembali normal pada dini hari, cerah berawan. Suhu udara berkisar antara 23 sampai 32 derajat celsius dan kelembaban antara 60 sampai 95 persen.

Hujan ringan hingga sedang juga berpotensi terjadi siang dan sore hari pada tanggal 29 dan 30 Desember 2016. Begitu juga suhu udara berkisar antara 22-32 derajat celsius dan kelembaban hingga 95 persen.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016