Surabaya (ANTARA News) - Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soetomo Surabaya menyiagakan sebanyak 94 tenaga medis untuk membantu pelaksanaan tugas keamanan di bidang kesehatan dalam rangka Tahun Baru 2017.

"Seluruhnya siaga 24 jam atau on call, jadi siap kapan saja diperlukan," ujar Pimpinan Badan Layanan Umum Daerah RSUD dr Soetomo, dr. Harsono, kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Seluruh tenaga medis yang disiapkan terdiri dari 64 dokter dari satuan fungsional pelayanan dan 30 dokter dari satuan fungsional penunjang.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Jatim tersebut menjelaskan bahwa kesiapsiagaan tenaga medis ini sudah berlaku sejak sebelum Hari Natal hingga setelah tahun baru, tepatnya saat libur cuti bersama yakni 24, 25, 26, 31 Desember 2016 serta 1-2 Januari 2017.

Selain itu, kata dia, tenaga medis jaga diatur seperti biasanya dan tenaga keperawatan juga seperti hari biasa, yaitu oleh kepala unit atau ruangan masing-masing, sesuai jadwal atau shif tugasnya.

"Tenaga kefarmasian, penunjang medis lain dan tenaga keamanan administrasi diatur oleh kepala unit sesuai jadwal tugasnya," kata mantan Bupati Ngawi dua periode tersebut.

Sementara itu, terkait sistem layanan siaga 24 jam, ia menyampaikan bahwa operasional IRD juga 24 jam, IBP siaga dua kamar operasi, serta ambulans 118 dan jenazah, radiologi dan CT, layanan laboratorium, obat dan logistik medik, hingga layanan gizi untuk pasien dan petugas siaga sehari semalam.

"Rawat inap berjalan seperti biasa dengan cadangan 95 brankar. Pengamanan listrik, air, pengolahan sanitasi dan limbah, kasir dan keuangan, sampai jaringan informasi teknologi tak ada perubahan," katanya.

Kendati seluruh peralatan dan tenaga medis telah siap, namun ia berharap tak ada kejadian menonjol, terutama saat malam pergantian tahun.

"Malam tahun baru biasanya masih dilakukan dengan konvoi kendaraan, yang risikonya kecelakaan. Semoga tak ada kejadian menonjol serta berjalan aman dan tertib," kata Harsono. 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016