Kamis, 29 Juni 2017

Ahok rencanakan perbaiki konsep tata ruang Jakarta

| 8.196 Views
Ahok rencanakan perbaiki konsep tata ruang Jakarta
Komunikasi Pemenangan Ahok-Djarot. Calon Gubernur DKI Jakarta Petahana Basuki T. Purnama (tengah) bersama Cawagub Djarot Saiful Hidayat (ketiga kanan) bersama (dari kanan) Sekjen Nasdem Martin Manurung, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Ketua DPD Hanura DKI Jakarta Muhammad Ongen Sangaji, Sekjen Golkar Idrus Marham, dan Sekjen PPP Dimyati Natakusumah mengacungkan dua jari saat menghadiri pelatihan komunikasi dan kampanye pemenangan pilgub DKI 2017 di Jakarta, Sabtu (26/11/2016). Pelatihan tersebut memperhatikan sejumlah hal, antara lain, penggunaan media sosial sebagai media kampanye dan himbauan pada pendukung untuk tidak menggunakan kampanye hitam terhadap pasangan cagub lain. (ANTARA /Rosa Panggabean)
Tolong perpanjang kontrak kami lima tahun lagi untuk menyelesaikan berbagai program yang sedang berjalan, dan kami akan menambah di berbagai sektor untuk pembangunan sumber daya manusia Jakarta."
Jakarta (ANTARA News) - Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan memperbaiki konsep tata ruang Jakarta yang dinilainya masih terdapat kelemahan.

"Seharusnya orang kan tinggal di satu lokasi yang sama. Masa ada peraturan tidak boleh membuat klinik di dalam gang, kan ini tidak benar," kata Ahok usai menerima aspirasi warga di posko pemenangan, Rumah Lembang, Jakarta, Rabu.

Ahok menginginkan semua kebutuhan dapat diperoleh dari tempat terdekat sehingga warga tidak perlu bepergian jauh menggunakan kendaraan dan menyebabkan kemacetan.

Mantan Bupati Belitung Timur itu juga bersyukur atas kerja Pemprov DKI selama dua tahun terakhir karena ibu kota relatif terbebas dari banjir. Menurut dia, tata ruang merupakan persoalan mendasar yang harus diselesaikan dan disempurnakan sampai 2019.

Oleh karena itu, ia meminta kepada warga Jakarta untuk memperpanjang kontraknya menjadi gubernur bersama pasangan Cawagubnya Djarot Saiful Hidayat pada Pilkada 2017.

"Tolong perpanjang kontrak kami lima tahun lagi untuk menyelesaikan berbagai program yang sedang berjalan, dan kami akan menambah di berbagai sektor untuk pembangunan sumber daya manusia Jakarta," kata Ahok.

Ia menegaskan semua visi, misi dan program 2012-2017 bersama Joko Widodo sudah diselesaikan sesuai janji kampanyenya, dan akan diselesaikan serta ditingkatkan untuk Jakarta baru lebih baik di periode 2017-2022.

Menurut Ahok, lima tahun lalu ia bersama Joko Widodo membuat visi menjadikan Jakarta sebagai Jakarta Baru, Kota Modern yang tertata rapi dan manusiawi dengan kepemimpinan pemerintahan yang bersih dan melayani.

Misi pertama menjadikan Jakarta sebagai kota modern yang tertata rapi serta konsisten dengan membuat rencana tata ruang wilayah banyak diprotes akibat adanya oknum pegawai Pemda yang bertindak sewenang-wenang.

"Sebelum ada Perda (Peraturan Daerah), Gubernur dengan semaunya menentukan satu waktu wilayah itu (zona) merah, kuning atau hijau. Waduk tiba-tiba jadi mal, bebas. Bersama Pak Jokowi, kami buat Perdanya," ujarnya.

Dalam rencana perbaikan tata ruang lainnya, Ahok berjanji menuntaskan penambahan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) di tingkat RW di 188 titik dan akan ditambah lagi pada 2018 di 200 lokasi.

Taman berstandar internasional akan dibangun untuk menumbuhkan kreativitas anak, salah satu contoh yang selesai dibangun ialah taman di Kalijodo.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga