Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya partisipasi masyarakat menggunakan hak pilih ..."
Pangkalpinang (ANTARA News) - Sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terpantau sepi pemilih yang disinyalir karena cuaca hujan sejak Rabu pagi.

"Kami menilai rendahnya tingkat partisipasi pemilih ini, karena faktor cuaca hujan dari pagi hingga penutupan TPS pukul 13.00 WIB," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 2 Semabung Lama, Haidiyati, di Pangkalpinang, Rabu.

Menurut dia jumlah pemilih di TPS 2 Kelurahan Semabung Lama hanya 190 orang dari jumlah DPT sebanyak 323 orang.

Selain cuaca hujan saat pemungutan suara, ia menilai, rendahnya partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Kepulauan Bangka Belitung 2017 juga karena banyak warga yang pindah atau sedang bepergian ke luar kota.

"Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya partisipasi masyarakat menggunakan hak pilih, namun faktor cuaca hujan lebat yang dimulai pagi hingga siang hari cukup mempengaruhi masyarakat enggan datang ke TPS," ujarnya.

Meskipun partisipasi masyarakat cukup rendah, dikemukakannya, proses pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS-nya dapat berjalan tertib, aman, dan lancar.

"Walaupun partisipasi masyarakat tergolong rendah, semoga pemilu kali ini dapat memilih pemimpin yang dapat membawa Provinsi Babel ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, DPT TPS 1 Kelurahan Opas Indah, Kecamatan Taman Sari sebanyak 426 orang sedangkan partisipasi pemilih hanya 182 orang. Demikian juga TPS 5 Kelurahan Gedung Nasional, Kecamatan Taman Sari, tingkat pastisipasi pemilih hanya 127 orang dari jumlah DPT sebanyak 276 orang.

Pewarta: Kasmono
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017