Jakarta (ANTARA) - Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (Mafindo) menemukan sebanyak 128 hoaks atau informasi bohong selama pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

"Pra-pemilu ada 34 temuan, pada saat hari H tidak ditemukan dan pasca-pemilu ada 94 hoaks," ujar Anggota Penelitian dan Pengembangan Mafindo Fins Purnama dalam webinar Mafindo "Litbang Talk #01" di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, jumlah narasi hoaks menyasar tiga tahapan pemilu. Fins Purnama menjelaskan bahwa tahapan pertama pra-pemilu ditemukan 34 kasus hoaks, tahapan kedua pada hari H pemilu tidak ditemukan dan tahapan ketiga pasca-pemilu beredar 94 hoaks di masyarakat.

"Jadi, 73 persen hoaks beredar pada pasca-pemilu, 27 persen sisanya beredar pada pra-pemilu. Ada tren yang menurun tapi meningkat sangat tajam," kata dia.

Ia menyebutkan ada lima aktor yang mendapatkan serangan hoaks di dua tahapan Pilpres 2019. Namun, terdapat kesamaan aktor di dua tahapan, yakni pendukung kandidat calon presiden, kandidat, Komisi Pemilihan Umum (KPU), polisi dan Pemerintah Pusat.

Pendukung kandidat, sambung Fins, mendapatkan 35 temuan kasus hoaks dengan rincian 9 hoaks saat pra pilpres dan 26 hoaks pasca-pilpres. Kemudian, kandidat mendapatkan 25 hoaks untuk pra-pilpres sekitar 7 temuan dan pasca-pilpres 18 kasus hoaks.

Baca juga: Mafindo catat 664 hoaks selama kuartal I-2023

Baca juga: Mafindo temukan 1.698 kasus hoaks tahun 2022


Ada 20 kasus hoaks yang menyasar KPU dengan 6 kasus hoaks saat pra-pilpres, sedangkan 14 temuan pasca-pilpres. Lebih lanjut, institusi kepolisian menemukan 15 kasus yang menyasar pra-pilpres sebanyak 3 hoaks dan pasca-pilpres 12 temuan hoaks.

Lalu, pemerintah pusat mendapatkan 9 hoaks, sekitar 2 hoaks saat pra-pilpres dan 7 temuan pasca-pilpres. "Beberapa kami catat seperti pendukung dan kandidat ini cukup masuk akal karena memang perkaranya di situ," tambahnya.

Fins menilai Pilpres 2019 sangatlah berbeda dengan Pilkada 2017 yang lebih banyak menyerang kandidat di Pilkada DKI Jakarta. Sementara pada Pilpres 2019, jumlah hoaks lebih banyak menyerang pendukung kandidat.

Adapun proses yang jadi target hoaks pra-pilpres saat kampanye dan pemungutan suara, sedangkan pasca-pilpres menyasar sengketa dan penghitungan suara. Selain itu, ia juga memperkirakan pada Pilpres 2024, temuan hoaks akan menyasar saat sengketa pemilu.

Baca juga: Mafindo sebut Facebook jadi tempat terbanyak penyaluran hoaks

"Dua puncak lain saat masa kampanye dan penghitungan suara. Ini dua puncak yang bisa kita antisipasi juga," tutur Fins.

Untuk tindak lanjut, 39 temuan hoaks dilakukan oleh organisasi pemeriksa fakta. Pemerintah baru melakukan 19 persen.

"Perlu meningkatkan kolaborasi antara pemerintah dan organisasi koalisi sipil 9 persen," ucapnya.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023