Jakarta (ANTARA News) - Ditahan seri 2-2 oleh tamunya Gent Belgia pada pertandingan leg kedua babak 32 Besar Liga Europa, Jumat pagi WIB, Tottenham Hotspur gagal melaju ke babak 16 Besar kompetisi ini.

Tragisnya kegagalan ini akibat gol bunuh diri Harry Kane dan sebuah gol telat tim lawan pada delapan menit menjelang bubaran.

Spurs terpaksa menyerahkan jatah 16 besar kompetisi ini kepada Gent yang menang dengan agregat 3-2 setelah punya bekal menang 1-0 pada leg pertama beberapa hari sebelumnya.

Christian Eriksen membawa Spurs unggul lebih dulu pada menit 10, namun sepuluh menit kemudian disamakan oleh gol bunuh diri Kane setelah pemain ini berusaha menghalau sundulan Stefan Mitrovic yang menyambut sebuah tendangan penjuru.

Lima menit menjelang babak pertama usai, Dele Alli membuat Spurs nestapa karena harus bermain sepuluh orang setelah dengan kasar menekel Brecht Dejaegere yang langsung dihadiahi kartu merah oleh wasit.

Kendati harus bermain dengan sepulun orang, Spurs tetap ofensif untuk mengatasi defisit gol.

Dan akhirnya pada menit 61, Victor Wanyama membawa Spurs unggul kembali. Namun Spurs tetap di ujung tanduk, karena dituntut menang dengan skor 3-1.

Di tengah tuntutan yang sulit sekali, termasuk karena harus bermain dengan kekuatan yang pincang akibat kartu merah Alli, Spurs akhirnya memastikan gagal melaju ke babak berikutnya setelah Jeremy Perbet mengonfirmasi kemenangan Gent pada menit 82

Gent pun melenggang ke 16 Besar Liga Europa dengan menang agregat 3-2.

Undian untuk pertandingan 16 Besar Liga Europa akan dilangsungkan di Nyon, Prancis, Jumat ini, demikian laman UEFA.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017