Jakarta (ANTARA News) - Grup konglomerat, PT Astra International Tbk, merayakan ulang tahun mereka ke-60 yang jatuh tepat pada 20 Februari 2017 lalu dengan semangat melakukan berbagai inovasi untuk terus berbagi inspirasi bagi bangsa, antara lain dengan memperlebar lingkup bisnis yang mereka masuki.

"Berawal dari sebuah ruko kecil di Jalan Sabang, dengan empat karyawan Astra didirikan keluarga Suryajaya dengan cita-cita besar, kini Astra memiliki 208 perusahaan dengan jumlah karyawan langsung lebih dari 214 ribu orang," kata Presiden Direktur Astra International, Prijono Sugiarto, dalam sambutannya di temu media memperingati 60 tahun Astra di Jakarta, Kamis.

Astra belum genap setengah tahun silam membuka lini bisnis ketujuh mereka di bidang properti yang sama sekali baru mereka masuki pada 26 Oktober 2016 lalu lewat anak perusahaan mereka, PT Astra Land Indonesia.

Lantas pada 20 Februari 2017 lalu, lini bisnis properti Astra melakukan tahap pengecoran terakhir atau topping off atas dua proyek mereka yakni Menara Astra dan Anandamaya Residence.

"Sebagai catatan Menara Astra tidak dijual untuk umum, tetapi tiga tower di belakangnya sudah terjual 97 persen lebih. Ini wujud kami mengembangkan bisnis, karena dengan 214 ribu lebih karyawan kami ingin terus berkembang," kata Prijono.

Di sisi lain, Prijono memaparkan Astra dalam beberapa tahun terakhir ikut terlibat dalam proyek infrastruktur termasuk yang terbaru pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Tanjung Jati Unit 5 & 6 di Jepara.

"Pemerintah menyadari kerja sama dengan swasta diperlukan. Pada akhirnya butuh konsolidasi keuangan kuat, karena tidak mungkin hanya berbekalkan APBN semata bisa membangun Indonesia menjadi lebih maju. Di mana pun di seluruh dunia ada kerja sama antara pemerintah dan swasta," kata Prijono.

"Suatu kewajiban bagi kami sebagai putra putri bangsa untuk menjadikan Astra sesuai dengan visi pendiri kami, yakni menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa," ujar dia menambahkan.

Di sisi lain, Prijono mengutarakan bahwa dalam perayaan 60 tahun Astra mengangkat tema "Berbagi Inspirasi Membangun Bangsa".

"Semoga bisa membuat pihak di luar mengikuti langkah ini, supaya negeri ini lebih maju dan besar lagi," pungkas Prijono.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017