Kami berharap bahwa kinerja saat ini bisa diteruskan sampai akhir 2023
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan konglomerasi PT Astra International Tbk (ASII) merealisasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai Rp35 triliun hingga periode kuartal III-2023.

“Capex dan investasi yang sudah kami spend sampai September 2023 sebesar Rp35 triliun, tumbuh signifikan dibandingkan 2022,” ujar Presiden Direktur ASII Djony Bunarto Tjondro dalam Public Expose di Jakarta, Selasa.

Djony menjelaskan, belanja modal dialokasikan terutama untuk anak usahanya yaitu PT United Tractors Tbk (UNTR) dalam hal replacement atau peremajaan alat berat dan menambah alat berat.

UNTR merupakan anak usaha ASII yang menangani lima lini usaha, diantaranya pertambangan, kontraktor penambangan, industri konstruksi, mesin konstruksi, dan energi.

"Selain itu, pada sektor agribisnis belanja modal dialokasikan untuk pemeliharaan infrastruktur perkebunan," ungkap Djony.

Pada sektor otomotif, lanjut Djony, belanja modal dialokasikan untuk melakukan pemeliharaan outlet, serta membentuk bisnis omnichanel pada bisnis otomotif.

Sementara itu, pihaknya belum dapat menyampaikan terkait besaran alokasi belanja modal perseroan pada 2024 mendatang.

Dalam kesempatan ini, Djony menyampaikan kinerja ASII mengalami peningkatan hingga kuartal III-2023, yang terjadi hampir di seluruh portofolio bisnis kecuali UNTR yang memang terdampak oleh penurunan harga acuan batu bara.

“Kami berharap bahwa kinerja saat ini bisa diteruskan sampai akhir 2023. Kami mengakui situasi juga tidak terlalu mendukung, tapi kami masih tetap yakin sampai dengan tiga bulan terakhir, situasi masih bisa kita manage dengan baik,” ujar Djony.

Selama kuartal III-2023, ASII membukukan pendapatan bersih senilai Rp240,91 triliun, atau meningkat 9 persen year on year (yoy), dibandingkan sebelumnya senilai Rp221,35 triliun pada kuartal III-2023.

Laba bersih ASII tercatat senilai Rp25,69 triliun pada kuartal III-2023, atau meningkat 10 persen (yoy) dibandingkan senilai Rp23,33 triliun pada kuartal III-2022.


Baca juga: United Tractors akuisisi 19,9 persen saham perusahaan nikel Australia
Baca juga: AHM buka layanan pengecekan rangka eSAF motor Honda
Baca juga: Target nol emisi, Toyota siapkan kendaraan elektrik seluruh segmen

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023