Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Grup Astra PT United Tractors Tbk (kode saham : UNTR) melalui entitasnya PT Danusa Tambang Nusantara (DTN) melakukan perjanjian pengambilan bagian (subscription agreement) saham perusahaan tambang nikel Australia yaitu Nickel Industries Limited.

Dalam perjanjian tersebut, DTN mengambil alih sebanyak 857 juta saham atau setara 19,99 persen dari total saham Nickel Industries Limited, dengan harga 1,10 dolar Australia per saham dan total keseluruhan senilai 942,7 juta dolar Australia atau setara Rp9,31 triliun, sebagaimana keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat.

Corporate Secretary UNTR Sara K Loebis mengatakan seluruh persyaratan pendahuluan (conditions precedent) dalam perjanjian pengambilan bagian (subscription agreement) telah terpenuhi oleh masing-masing pihak.

"DTN telah menyelesaikan pembayaran kepada Nickel Industries Limited yang telah mengeluarkan saham biasa baru dengan harga per saham, dan total nilai keseluruhan sebesar nilai sebagaimana tercantum," ujar Sara.

Dengan demikian, terhitung sejak 21 September 2023, Sara menjelaskan DTN telah menjadi pemegang saham di Nickel Industries Limited sebanyak 857 juta saham atau setara dengan 19,99 persen dari total saham yang dikeluarkan oleh Nickel Industries Limited.

Akuisisi saham perusahaan nikel tersebut merupakan bagian dari komitmen perseroan mengurangi ketergantungan terhadap komoditas batu bara, yang mana perseroan berharap dapat mengurangi ketergantungan terhadap bisnis baru dalam waktu tujuh sampai delapan tahun ke depan.

Berdasarkan data perdagangan sampai pukul 14.45, harga saham UNTR naik 0,35 persen ke level Rp28.425 dari level harga penutupan Kamis (21/09) Rp28.325 saham. Pada awal perdagangan saham UNTR sempat berada di zona merah dengan level terendah Rp28.250 per saham.

Volume saham yang diperdagangkan tercatat 1,52 juta dengan nilai transaksi Rp43,22 miliar, serta frekuensi perdagangan tercatat sebanyak 2,710 kali dan kapitalisasi pasar senilai Rp106,03 triliun.

Baca juga: Astra International realisasikan 'capex' Rp6,7 triliun kuartal I-2023
Baca juga: Indonesia ditargetkan jadi negara industri baterai kendaraan terbesar
Baca juga: United Tractors kucurkan belanja modal 325 juta dolar AS di kuartal I

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023