Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melantik Agus Santoso menjadi Direktur Jenderal Perhubungan Udara menggantikan Suprasetyo.

Pelantikan tersebut dilaksanakan di Ruang Mataram, Kemenhub, Jakarta, Selasa, dan dihadiri oleh jajaran pegawai Kemenhub serta pemangku kepentingan terkait.

Sementara itu, Suprasetyo berganti jabatan menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi Kawasan dan Kemitraan Perhubungan.

Adapun, posisi yang ditinggalkan Agus saat ini ditempati oleh Umiyatun Hayati Triastuti yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Kawasan dan Kemitraan Perhubungan.

Agus Santoso sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub serta sempat menduduki kursi Direktur Bandar Udara Ditjen Perhubungan Udara kemenhub.

Saat ditemui, Agus mengatakan akan berfokus pada penegakan peraturan terkait keselamatan dan keamanan penerbangan yang seringkali diabaikan dan belum ditanamkan sebagai budaya kerja.

"Semua aturan yang ada sudah bagus, tapi akhir-akhir ini kejadian insiden beruntun, untuk itu akan dievaluasi dengan seksama, bersama-sama SDM dan operator agar mematuhi SOP (prosedur operasi standar)," katanya.

Dia menambahkan akan membuat suatu penyadaran kepada pada personel perhubungan udara serta operator penerbangan untuk mematuhi kaidah-kaidah yang berlaku.

Untuk itu, langkah pertama yang akan dilakukan Agus, yaitu memastikan aturan tersebut dipatuhi hingga ke jajaran paling bawah di lapangan.

Salah satunya, melakukan pengecekan berkala (ramp check) ke sejumlah bandara, seperti ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Ini merupakan salah satu jaminan kami kepada semua penumpang keselamatan transportasi udara, pengecekan ini agar mereka selalu ingat bahwa itu tanggung jawab bersama," katanya. 

Pewarta: Juwita TR
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017