Bandara Panua Pohuwato ini rencananya diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada Senin (22/4) besok
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan langsung Bandara Panua Pohuwato, di Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo, guna memastikan kesiapan menjelang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Bandara Panua Pohuwato ini rencananya diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada Senin (22/4) besok,” kata Budi dalam keterangan diterima di Jakarta, Minggu.

Budi menyampaikan bahwa Presiden Jokowi diagendakan bakal meresmikan bandara tersebut pada Senin (22/4).

Oleh karena itu pihaknya melakukan peninjauan secara langsung untuk memastikan segala kesiapan sebelum Kepala Negara melakukan kunjungan kerja, dalam peresmian bandara itu.

Dalam kunjungan di bandara tersebut, Menhub memastikan kesiapan sejumlah fasilitas sisi udara di Bandara Panua Pohuwato serta darat seperti ruang tunggu, loket check in, juga terminal kedatangan.

Baca juga: Menhub apresiasi kolaborasi penyelenggaraan angkutan Lebaran 2024

Baca juga: Menhub sebut pergerakan Lebaran 2024 capai 242 juta orang


Bandara Panua Pohuwato memiliki landasan pacu sepanjang 1.200 m x 30 m, taxiway sepanjang 15 m x 170 m, apron sepanjang 110 m x 70 m, serta gedung terminal seluas 990 m2. Dengan begitu, Bandara Panua Pohuwato dapat didarati pesawat ATR 72-600.

Ia menjelaskan pada 18 Februari 2024, telah dilakukan penerbangan perintis perdana oleh maskapai SAMS Air menggunakan tipe pesawat DHC-6 Twin Otter dengan Rute penerbangan Gorontalo-Pohuwato-Palu (PP). Selanjutnya, Bandara Panua Pohuwato melayani penerbangan pada hari Kamis dan Minggu.

“Keberadaan Bandara Panua Pohuwato diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki Kabupaten Pohuwato antara lain pertambangan, perkebunan, perikanan, serta kepariwisataan,” ujar Menhub.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut yakni Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi, Direktur Bandar Udara Ditjen Hubud  Kemenhub  Lukman F. Laisa, serta Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga.

Baca juga: Menhub apresiasi Menteri PAN-RB setujui 18.017 formasi ASN tahun 2024

Baca juga: Penerbangan perintis Bandara Djalaluddin ke Pohuwato resmi beroperasi


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024