Ini yang pertama kami menemukan VX. Selama ini kami hanya mengetahuinya dari membaca
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Kesehatan Malaysia Datuk Seri Dr Hilmi Yahaya memastikan bahwa racun saraf VX yang mengakhiri hidup Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, sebelumnya tidak pernah ditemukan di Malaysia.

Hilmi memaparkan bahwa racun syaraf VX adalah senjata kimia yang bisa melumpuhkan sistem saraf dan siapa pun yang terpapar akan mati dalam waktu setengah jam karena tidak bisa bernafas.

Dia mengungkapkan sulit mendeteksi racun ini jika dibawa masuk ke Malaysia dalam jumlah kecil.  

"Ini yang pertama kami menemukan VX. Selama ini kami hanya mengetahuinya dari membaca," kata Hilmi kepada wartawan seperti dikutip kantor berita Bernama.

Jumat pekan ini, Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Khalid Abu Bakar mengatakan zat kimia  "Ethyl S-2-Diisopropylaminoethyl Methylphonothiolate" atau VX telah digunakan untuk membunuh Jong-nam.

Jong-nam sedang berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari untuk menunggu penerbangan ke Macai ketika dua perempuan tiba-tiba muncul dari belakang dia dan memupurkan sesuatu ke wajahnya yang kemudian diketahui sebagai racun VX. 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017