Cibinong (ANTARA News) - Koordinator Humas dan Pemasaran Objek Wisata Junggleland, Anastacia Shandy, mengatakan pada dasarnya wisatawan asal Arab Saudi terkenal menyenangi wisata Kabupaten Bogor meskipun kedatangan Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz Al Saud beserta rombongannya belum bisa dipastikan ikut berkunjung, besar kemungkinan objek wisata wilayah ini mendapat tambahan jumlah pengunjung .

"Banyak orang Arab suka wisata Bogor, ada yang datang khusus ke sini setelah dari puncak dan puluhan kali selama setahun," katanya di Bogor, Rabu.

Menurutnya, objek wisata permainan di alam terbuka sering menjadi tujuan pelancong mancanegara ketika mengunjungi wilayah Bogor yang suasana alamnya sejuk.

Bahkan, kata Dia, karena wisatawan mancanegara Kabupaten Bogor kebanyakan berasal dari negara di Timur Tengah yang biasanya membawa serta keluarga tidak heran jika menyempatkan diri mendatangi tempat wisata permainan seperti Junggleland dan tempat wisata alam.

Ia mencontohkan, ada sebuah keluarga Arab yang khusus datang ke Indonesia untuk berkunjung dan main di Junggleland sebanyak 60 kali dalam setahun hanya untuk naik permainan boom-boom car.

"Entah kenapa mungkin memang suasana cuaca sejuk di Indonesia dan dana mereka cukup banyak untuk bolak balik berkunjung, padahal hanya untuk naik peemainan mobil di sini," jelasnya.

Namun demikian, Ana menyampaikan dari target kunjungan pada tahun 2016 yang telah tercapai sebanyak 1 juta orang pelancong dalam dan luar negeri dengan pendapatan Rp108 Miliar pada tahun 2017 ini tempat wisata yang ia kelola pemasarannya optimistis menargetkan dua kali lipat jumlah kunjungan.

Ia menambahkan dengan cuaca yang ekstrem pada lebih kurang tiga bulan ini tidak membuat jumlah kunjungan menurun drastis.

Sesuai imbauan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor pihaknya telah memberikan peringatan dini kepada pengunjung untuk memasuki tempat bermain yang berada di dalam ruangan saja seperti rumah hantu dan beberapa permainan lainnya.

Ia juga menyampaikan masyarakat tidak perlu terlalu khawatir selama mengikuti saran petugas di lapangan permainan dalam mengantisipasi cuaca karena hujan rata-rata turun dari pukul 15.00- 17.00 Wib sehingga dari pagi hari hingga siang masih bisa menikmati wahana di alam terbuka.

Kepala Seksi Objek Daya Tarik Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Wardani mengatakan pihaknya sudah memberikan imbauan dan saran terkait cuaca ekstrem saat ini khususnya kepada tiga tempat wisata andalan Kabupaten Bogor, yakni Taman Safari Indonesia (TSI), Taman Wisata Matahati (TWM) dan Junggleland.

"Kami masih merekomendasikan tiga objek wisata tersebut yang masih jadi andalan karena pengunjungnya banyak, untuk cuaca masing-masing sudah kami imbau dan punya cara tersendiri untuk tetap eksis," katanya.

Menurutnya yang diperlukan adalah kewaspadaan pengunjung terhadap tanda-tanda alam dan tidak berada di lokasi yang susah dijangkau agar selalu bisa koordinasi dengan petugas jaga permainan atau keamanan tempat wisata.

Pewarta: Linna/M Fajar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017