Cibinong (ANTARA News) - Arema FC untuk sementara berhasil unggul dengan skor 3-0 di babak pertama atas lawannya Pusamania Borneo FC (PBFC) dalam laga final Piala Presiden 2017.

Ketiga gol tersebut masing-masing disumbangkan oleh Hanif Sjahbandi pada menit ke-30, bunuh diri Michael Orah (37) dan Cristian Gonzales (42).

Bertanding di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jabar, Minggu malam, Pusamania Borneo FC tampil menekan sejak awal pertandingan. Hasilnya, di menit kelima, Rifal Lastori sempat lolos dari penjagaan pemain belakang Arema dan berhadapan dengan Kurnia Meiga.

Tendangan Rifal berhasil ditepis oleh Kurnia Meiga. Bola pantulan kemudian disambar Reinaldo, tetapi lagi-lagi Meiga berhasil mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Arema berbalik mengancam sebelas menit kemudian. Fellipe Bertoldo menyisir sisi kanan pertahanan PBFC dan melepaskan umpan silang yang disambut Cristian Gonzales. Akan tetapi, tendangan Gonzales masih melambung.

Di menit ke-27, tim Pesut Etam terpaksa menarik keluar pemain bertahan Yamashita Kunihiro karena cedera akibat berbenturan dengan gelandang Arema, Nasir, dan menggantinya dengan Firli Apriansyah.

Keluarnya Yamashita ternyata berbuntut panjang. Tiga menit usai pemain Jepang tersebut diganti, Hanif Sjahbandi berhasil menorehkan namanya di papan skor setelah mengonversi bola liar hasil di depan gawang Wawan Hendrawan.

Pada menit ke-37, pemain belakang PBFC Michael Orah membuat gol bunuh diri. Ketika dibayang-bayangi Gonzales di zona pertahanannya, Michael memberikan "back pass" kepada Wawan. Sayangnya, bola bergulir terlampau cepat, tidak dapat dijangkau kiper dan bergulir mulus masuk ke gawang.

Kesalahan kembali dilakukan bek PBFC lima menit setelahnya, tetapi kali ini dilakukan Dirkir Glay. Di sekitar kotak penaltinya sendiri, dia memberikan umpan tanggung kepada Wawan Hendrawan. Bola kemudian disambar Cristian Gonzales yang seolah tanpa kesulitan menendang bola gawang, 3-0 untuk Arema.

PBFC berusaha memperkecil skor di menit-menit akhir babak pertama, tetapi gagal menembus pertahanan Arema yang digalang Arthur Cunha.

Adapun susunan pemain kedua tim adalah sebagai berikut.

Pusamania Borneo FC: Wawan Hendrawan, Diego Michiels, Dirkir Glay, Michael Yansen, Terens Puhiri, Yamashita Kunihiro (Firli Apriansyah, 27), Asri Akbar (C), Patrich Wanggai, Wahyudi Setiawan, Reinaldo da Coosta, Rifal Lastori.

Arema FC: Kurnia Meiga, Arthur Cunha, Bagas Adi, Hanif Sjahbandi, Johan Amat (C), Adam Alis, Esteban Viscarra, Nasir, Syaiful Indra Cahya, Cristian Gonzales, Fellipe do Santos.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017