Jember (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IX Jember, Jawa Timur, menyatakan akan melayani pemesanan tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2017 ini mulai 17 Maret untuk keberangkatan H-10 Lebaran atau 15 Juni 2017.

"Hari Raya Idul Fitri memang masih tiga bulan ke depan, namun bagi masyarakat yang sudah merencanakan untuk pulang kampung dengan menggunakan moda transportasi kereta api, maka bisa memesan tiket mulai Jumat (17/3) untuk keberangkatan 15 Juni 2017," kata Vice President PT KAI Daerah Operasi 9 Jember Aslikan di Stasiun Jember, Jawa Timur, Selasa.

Menurutnya, sistem pemesanan tiket H-90 sebelum keberangkatan yang diterapkan PT KAI memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan jauh-jauh hari ke sejumlah tujuan.

"Untuk keberangkatan H-10 Lebaran yang diprediksi jatuh pada tanggal 15 Juni 2017, maka masyarakat bisa memesan tiket tersebut pada 17 Maret 2017 pukul 00.00 WIB dan begitu seterusnya, untuk keberangkatan H-9 Lebaran atau 16 Juni, maka tiket bisa dipesan pada 18 Maret 2017," tuturnya.

Ia menjelaskan masyarakat yang ingin menggunakan moda transportasi kereta api untuk perjalanan mudik atau balik Lebaran 2017 dapat melakukan pembelian tiket kereta di semua channel penjualan tiket seperti "contact center" 121, aplikasi KAI access pada ponsel, minimarket, kantor pos, pegadaian, agen resmi tiket KA, dan berbagai channel lainnya.

"Saya berharap masyarakat yang akan mudik atau balik Lebaran 2017 bisa memesan tiket kereta jauh-jauh hari, agar tidak kehabisan tiket karena biasanya tiket kereta api cepat habis saat momentum Hari Raya Idul Fitri," ujarnya menambahkan.

Sementara salah seorang warga Yogyakarta yang tinggal di Jember, M. Arifin menyambut baik dengan dibuka nya layanan pemesanan tiket kereta api Lebaran pada pertengahan Maret 2017.

"Hampir setiap tahun kami merayakan Idul Fitri di rumah keluarga besar di Yogyakarta dan selalu menggunakan moda transportasi kereta api, sehingga harus membeli tiket jauh-jauh hari, agar tidak kehabisan," tuturnya.

Menurutnya perjalanan mudik dengan menggunakan kereta api sangat nyaman karena bebas dari kemacetan dan tidak perlu berdesak-desakan seperti beberapa tahun lalu, sehingga moda transportasi kereta api menjadi primadona bagi masyarakat yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

Data Daop 9 Jember mencatat setiap hari terdapat tujuh perjalanan kereta jarak jauh yakni KA Mutiara Timur siang dengan relasi Banyuwangi - Surabaya (PP), kemudian KA Mutiara Timur malam dengan relasi Banyuwangi - Surabaya (PP), KA Sri tanjung dengan relasi Banyuwangi - Lempuyangan Yogyakarta (PP), KA Probowangi dengan relasi Banyuwangi - Surabaya (PP).

Kemudian KA Tawang alun dengan relasi Banyuwangi - Malang (PP), KA Logawa dengan relasi Jember - Purwokerto (PP), dan KA Rangga jati dengan relasi Jember - Cirebon (PP), serta KA lokal yakni KA lokal Pandan wangi relasi Jember - Banyuwangi.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017