Kuala Lumpur (ANTARA News) - Sebuah laga kualifikasi Piala Asia antara Malaysia dan Korea Utara yang ditunda setelah hubungan mereka memburuk akhirnya dijadwalkan ulang pada 8 Juni, ungkap Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada Rabu.

Pembunuhan Kim Jong-Nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada bulan lalu memicu serangkaian perselisihan antara Malaysia dan Korea Utara, yang masing-masing mengusir duta besar mereka dan tidak membiarkan warganya pergi.

Skuat Harimau Malaysia awalnya dijadwalkan berlaga di Pyongyang pada 28 Maret sebagai kualifikasi turnamen tersebut di Uni Emirat Arab pada 2019.

Namun, nasib laga tersebut menggantung setelah para pejabat Malaysia pada pekan lalu melarang tim nasional mereka bermain di Pyongyang, karena alasan keamanan, diikuti dengan keputusan AFC untuk menunda laga itu karena "meningkatnya ketegangan diplomatik."

Pada Rabu, Sekretaris Jenderal AFC Windsor John mengatakan kepada para wartawan bahwa "pertandingan antara tim nasional Korea Utara dan Malaysia akan dilangsungkan pada 8 Juni."

Dia menambahkan, "karena situasi diplomatik tidak kunjung normal maka.... laga tersebut akan digelar di lokasi netral."

AFC meminta Pyongyang untuk memilih "tempat netral" hingga 14 April.

"Bila Korea Utara tidak dapat memilih tempat netral, kami akan menentukannya untuk mereka," kata AFC, yang dilansir AFP.

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017