Minggu, 28 Mei 2017

Brokoli bisa halau kanker prostat

| 2.614 Views
Brokoli bisa halau kanker prostat
Petani menunjukan brokoli yang dipanen lebih awal di ladangnya yang tertutup abu vulkanik erupsi Gunung Sinabung, di Desa Sukandebi, Karo, Sumatera Utara, Minggu (28/6/2015). Sejumlah petani di kawasan kaki Gunung Sinabung, terpaksa memanen tanaman mereka lebih awal karena dikhawatirkan akan rusak akibat terkena dampak abu vulkanik erupsi Gunung Sinabung. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
Jakarta (ANTARA News) - Konsumsi sayuran kaya sulforaphane semisal brokoli bisa membantu para pria mengurangi risiko terkena kanker prostat, menurut sebuah studi.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry itu menunjukkan, sulforaphane dapat mempengaruhi panjang RNA non-genetik (lncRNAs), yang menawarkan cara baru mencegah atau memperlambat perkembangan sel-sel ganas. Salah satu jenis lncRNA (RNA)- disebut LINC01116 - dapat dikurangi dengan pengobatan sulforaphane.

"Studi ini menunjukkan bahwa pengobatan dengan sulforaphane bisa menormalkan kadar lncRNA ini," kata Laura Beaver, Research Associate dari Oregon State University di Amerika Serikat.

Baca juga: (Metode pengobatan kanker prostat tanpa bedah diujicoba)

Baca juga: (Pria mulai 30 tahun diharapkan peduli kesehatan prostat)

Saat LINC01116 terganggu, maka kemampuan sel kanker prostat membentuk koloni turun empat kali lipat. "Ini mungkin berhubungan dengan lebih dari sekedar pencegahan kanker. Ini akan menjadi nilai lebih bila kita bisa mengembangkan metode untuk lebih memperlambat kanker," tutur Beaver. Kanker prostat sendiri merupakan jenis kanker kedua terbanyak yang dialami para kaum adam saat ini. Demikian seperti dilansir Indian Express.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga