Singaraja (ANTARA News) - Warga Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali, mengeluhkan dermaga Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di daerah itu rusak parah dan tidak mendapat upaya perbaikan.

"Kami menyayangkan saja karena rusaknya sudah sejak lama tetapi tidak mendapat perbaikan karena berbagai kendala," kata Nyoman Suyatna, salah seorang warga di daerah itu, Sabtu.

Ia mengatakan, keadaan tersebut sangat mengganggu apalagi dirinya bekerja sebagai buruh angkut ikan sangat kesulitan ketika sedang menurunkan barang atau menaikkan barang ke perahu.

Pihaknya sangat berharap permasalahan itu mendapatkan solusi dari pemerintah. Terlebih lagi sejak pertama kali ambruk pada 2013 lalu, dermaga tidak kunjung diperbaiki.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Made Gunaja mengatakan, saat ini tidak dapat melakukan tindakan atas kondisi tersebut

"Kami masih belum bisa berbuat apa, karena belum ada Juknis dari pusat," ujar Gunaja, Kamis (23/3) usai menghadiri HKG PKK ke-45 Tingkat Provinsi Bali di Singaraja.

Dikatakan, pihaknya belum menemukan Juknis dari Kementerian terkait, maka Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, masih belum bisa bertindak lebih lanjut atas PPI Sangsit, baik itu perbaikan atau pemeliharaan terhadap kerusakan dermaga PPI Sangsit itu.

"Pemerintah pusat juga masih belum menganggarkan untuk perbaikan pelabuhan di Bali, termasuk dermaga PPI Sangsit. Kami tunggu Juknis dari pusat dulu," jelas Gunaja.

Pewarta: IMB Andi Purnomo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017