Gunung Kidul (ANTARA News) - Ribuan wistawan memadati kawasan pantai selatan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada libur perayaan Nyepi 2017.

Koordinator Petugas Retribusi Pantai Baron Supardi di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan berdasarkan data dari Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Utama Pantai Baron hingga siang ini sudah ada 3.000 wisatawan yang memadati kawasan tersebut.

"Jumlah tersebut meningkat 5 kali lipat bila dibandingkan dengan hari biasa yang hanya sebanyak 500 - 600 wisatawan," kata Supardi.

Ia mengatakan pihaknya sengaja menambah jumlah personil yang ada dari sebelumnya hanya enam orang di hari biasa menjadi 11 orang untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. "Peningkatan sudah terjadi sejak Jumat (24/3) kemarin," katanya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul Harry Sukmono mengatakan peningkatan jumlah wisatawan ini sudah terjadi semenjak Jumat (24/3). Hingga, hari terakhir libur panjang pada Selasa (28/3) ini jumlah wisatawan terus mengalami kenaikan.

"Data pasti wisatawan hari ini mungkin baru masuk malam ini," katanya.

Ia mengatakan destinasi wisata pantai masih menjadi pilihan bagi wisatawan untuk berlibur. Disusul dengan objek wisata minat khusus seperti di Gua Pindul, Gua Tanding, Gunung Api Purba Nglanggeran.

"Sebagian besar masuk kawasan pantai, sisanya objek wisata lain seperti Sri getuk, Embung Nglanggeran dan Gua Pindul," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017