Objek wisata Pantai Parangtritis dan sekitarnya masih menjadi destinasi utama para wisatawan yang berkunjung ke Bantul
Bantul, DIY (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih mengunggulkan sejumlah objek wisata di kawasan pantai selatan dalam menyambut kunjungan wisatawan selama libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Wisata pantai yang masih favorit di Pantai Parangtritis, kemudian Pantai Depok, Pantai Baru, Pantai Gua Cemara, dan Cemoro Sewu, paling tidak di lima titik itu masih kita unggulkan untuk wisata di pantai selatan," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, DIY, Jumat.

Meski demikian, kata dia, objek wisata Pantai Parangtritis dan sekitarnya masih menjadi destinasi utama para wisatawan yang berkunjung ke Bantul, mengingat juga terdapat kawasan gumuk pasir yang mampu menjadi daya tarik wisatawan.

"Kemudian, tidak menutup kemungkinan pantai lain misalnya Pantai Cangkring, Pantai Parangkusumo, akan tetapi lima objek wisata pantai tadi secara keindahan bagus dan layak untuk dinikmati wisatawan," katanya.

Selain itu, kata dia, objek wisata di kawasan perbukitan Kecamatan Dlingo yaitu hutan pinus Mangunan yang masih diunggulkan, terlebih dalam beberapa kegiatan kunjungan ke kawasan wisata dengan keindahan alam tersebut selalu mengalami peningkatan.

"Ki​​​ta berharap wisatawan dari pantai selatan terus mainnya ke Mangunan, karena ada pengaturan arus yang baik lewat Imogiri, jadi wisata ke Mangunan kita harapkan sore, karena kalau pagi turunnya harus lewat utara tidak lewat Imogiri akan repot," katanya.

Dia juga mengatakan, sejumlah desa wisata yang dikelola kelompok masyarakat juga masih diunggulkan Pemkab Bantul dalam menyambut kunjungan wisatawan libur Lebaran 2024, terlebih sejumlah desa wisata di Bantul juga meraih penghargaan dari pemerintah.

"Desa wisata Wukirsari dan desa wisata Krebet kemudian di desa wisata Jagalan dan beberapa wisata lainnya yang sangat menarik bisa dikunjungi, termasuk Puncak Sosok di Pleret masih menarik, itu gambaran sekilas, artinya yang lain masih tetap menarik," katanya.

Dengan berbagai destinasi wisata pilihan di Bantul tersebut, pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan ke Bantul selama libur panjang Lebaran 2024 bisa mencapai 135 ribu orang.

Baca juga: Destinasi wisata Bantul dikunjungi 199.352 orang selama Januari 2024
Baca juga: Bantul jadikan Gumuk Pasir sebagai daya tarik wisata kawasan selatan
Baca juga: Bantul tidak naikkan retribusi wisata pertahankan kunjungan wisatawan


Pewarta: Hery Sidik
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024