Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul menyiapkan rekayasa lalu lintas pada ruas jalur menuju objek wisata Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, guna mengantisipasi kemacetan arus wisatawan menghadapi liburan Lebaran 2024.

Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana di Bantul, Sabtu, mengatakan bahwa Pantai Parangtritis masih menjadi primadona wisatawan yang datang ke Yogyakarta saat liburan Lebaran 2024 sehingga berpotensi terjadi kepadatan di jalan menuju wisata pantai tersebut.

Kondisi itu, menurut dia, bisa mengakibatkan jalur utama menuju Pantai Parangtritis, Jalan Parangtritis, dipadati kendaraan wisatawan dari berbagai arah. Hal ini berpotensi menimbulkan penumpukan kendaraan, terutama di persimpangan.

"Polres Bantul telah menyusun strategi untuk mengantisipasi kemacetan di jalur utama menuju Pantai Parangtritis, kami siapkan rekayasa lalu lintas," katanya.

Menurut dia, jajaran kepolisian akan melakukan pengalihan arus di simpang tiga Sempalan Pundong ke timur apabila kendaraan yang menuju Pantai Parangtritis atau ke arah selatan sudah antre hingga di atas Jembatan Kretek I.

"Nantinya di sejumlah ruas jalan dari sempalan Pundong ke timur akan dipasang petunjuk arah pada penggal-penggal yang dilakukan rekayasa lalu lintas," katanya.

Kendaraan wisatawan yang dialihkan melalui simpang tiga Pundong, lanjut dia, adalah sepeda motor dan mobil penumpang, sedangkan bus dan kendaraan besar atau angkutan barang tetap melalui Jalan Parangtritis.

"Kami juga akan menempatkan tim urai di simpang tiga Jembatan Kretek I karena di simpang pertemuan kendaraan dari Jalan Parangtritis dan dari arah Pundong itu merupakan jalur rawan kepadatan arus," katanya.

Ia mengimbau wisatawan yang menuju sejumlah destinasi wisata agar tetap berhati-hati saat berkendara, patuhi aturan lalu lintas, dan imbauan petugas.

Baca juga: Dishub DIY intensifkan 'ramp check" bus wisata saat libur Lebaran 2024
Baca juga: Cianjur tambah papan penunjuk arah destinasi wisata jaring pemudik


Pewarta: Hery Sidik
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024