Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor(Polres) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY), menyiapkan sejumlah jalur alternatif bagi wisatawan yang berlibur ke wilayah pantai selatan Bantul agar tidak terjebak kemacetan lalu lintas di jalur utama pada libur Natal 2023 dan tahun baru 2024.

"Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di jalur utama menuju Pantai Parangtritis, kami siapkan beberapa jalur alternatif," kata Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana dalam keterangan di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, pada libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 yang dibarengi liburan sekolah, objek wisata Pantai Parangtritis dan sekitarnya akan dipadati ribuan wisatawan dari berbagai daerah.

"Kondisi itu bisa mengakibatkan jalur utama menuju Pantai Parangtritis, yaitu Jalan Parangtritis dipadati kendaraan wisatawan dari berbagai arah, sehingga berpotensi menimbulkan penumpukan kendaraan terutama di persimpangan," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, wisatawan agar melewati jalur alternatif menuju objek wisata Parangtritis untuk mengurangi kepadatan kendaraan di jalur utama, sehingga arus lalu lintas bisa berjalan lancar. Jalur alternatif yang bisa dilalui yaitu Jalan Imogiri Barat dan Jalan Imogiri Timur.

Dengan demikian, ketika wisatawan sampai di jalur Ringroad Selatan, kemudian melalui Simpang Wojo atau pun Simpang Terminal Giwangan langsung ke selatan sampai Simpang Selopamioro Imogiri, yang akan tembus di Simpang tiga selatan Jembatan Kretek I (Jalan Parangtritis).

"Setelah itu, arus wisatawan ke selatan menuju TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) Induk Parangtritis," katanya.

Selain melalui kedua jalur alternatif tersebut, para wisatawan juga bisa melalui Sempalan Pundong ke timur melewati Jembatan Soka, kemudian diarahkan ke wilayah Gunung Puyuh yang selanjutnya masuk Jalan Parangtritis wilayah Kretek.

Sementara itu, untuk jalur kepulangan dari kawasan wisata Pantai Parangtritis, arus kendaraan akan dialihkan melalui Jembatan Kretek II ke arah barat agar kendaraan yang keluar tidak bertemu dengan yang akan masuk.

"Jadi, dari Jembatan Kretek II ke barat melalui Simpang Tiga Pengklik, bisa lurus melalui Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), maupun ke kanan melalui Jalan Samas dan Jalan Bantul," katanya.

Pihaknya mengimbau para wisatawan agar tetap berhati-hati dalam berkendara, patuhi aturan lalu lintas dan imbauan petugas untuk keselamatan dan kelancaran bersama.
Baca juga: Bantul jadikan Gumuk Pasir sebagai daya tarik wisata kawasan selatan
Baca juga: Pemkab Bantul susun konsep penataan kawasan Gumuk Pasir Parangtritis
Baca juga: Polres Bantul bangun patung kuda lumping bahan knalpot sitaan polisi

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023