Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut tiga orang penumpang tewas setelah bus pariwisata yang ditumpanginya terguling di Jalan Imogiri-Mangunan pada tikungan Wanagama Bawah Bukit Bego, Kelurahan Wukirsari, Imogiri, pada Kamis (8/2) siang.

"Tiga korban yaitu inisial SW (57) yang meninggal di tempat kejadian, kemudian AK (25) dan HS (40) meninggal saat perjalanan ke rumah sakit (RS)," kata Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana dalam keterangannya di Bantul, Jumat.

Dia mengatakan, korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas tunggal bus pariwisata tersebut adalah seorang laki-laki dan dua orang perempuan.

Dia menyebutkan, total ada 53 penumpang termasuk pengemudi yang naik bus pariwisata dengan nomor polisi E-7607-V. Identitas pengemudi yaitu AF (24) asal Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

"Sebanyak 10 orang penumpang sudah kembali menggunakan bus, dan sisanya (korban luka-luka) masih dirawat di rumah sakit," katanya.

Menurut dia, kecelakaan lalu lintas tunggal  itu dilaporkan terjadi pada Kamis (8/2/2024) sekitar pukul 13.00 WIB di ruas Jalan Imogiri-Manggunan, tepatnya Tikungan Wanagama Bawah Bukit Bego, Dusun Kedung Buweng, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul.

Dia mengatakan, kronologi kejadian berdasarkan keterangan saksi, kecelakaan berawal ketika bus pariwisata melintas dari arah timur  ke barat yang kondisi jalanan menurun.

"Tetapi sampai di tempat kejadian perkara (TKP) bus mengalami rem blong yang sebelumnya sudah tercium bau kampas rem, dan pengemudi banting stir ke kanan yang mengakibatkan bus jatuh ke sebelah kiri dan terguling ke bawah," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024