Jakarta (ANTARA News) - Indonesia memastikan tiga tiket putaran kedua turnamen bulu tangkis Malaysia Terbuka 2017 pada nomor ganda campuran setelah pasangan Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memenangkan pertandingan partai pertamanya.

Laman resmi BWF yang dipantau di Jakarta, Rabu, mencatat Edi/Gloria menyudahi perlawanan wakil tuan rumah Peng Soon Chan/Liu Ying Goh 18-21, 21-19, 21-17.

Dalam pertandingan putaran pertama, yang dilangsungkan di Stadion Perpaduan, Kuching, Negara Bagian Sarawak, Malaysia tersebut Edi/Gloria dan Chan/Goh bermain ketat dengan saling kejar-mengejar angka di awal gim pertama hingga pasangan Malaysia tertinggal 9-10, mereka berhasil menyalip dengan mengumpulkan empat poin beruntun yang tidak terkejar sampai akhir gim pembuka.

Kalah di gim pertama, jadi pemacu semangat Edi/Gloria untuk langsung tancap gas di gim kedua. Walau beberapa kali terjadi hasil imbang 3-3 dan 13-13, Edi/Gloria berhasil menjaga jarak dan memaksakan gim pamungkas dimainkan.

Meski poin kedua pasangan berlangsung ketat di awal gim terakhir, pasangan Edi/Gloria berhasil menahan laju angka Chan/Goh di angka tiga. Selepas itu, jalannya gim pamungkas menjadi milik pasangan Indonesia setelah duet Malaysia tersebut tidak bisa mengejar atau mendekati poin Edi/Gloria.

Baca juga: (Tontowi/Liliyana sukses lewati rintangan pertama All England)

Baca juga: (Edi/Gloria juga berhasil tembus putaran dua India Terbuka)

Sementara, pemenang medali emas olimpiade Rio de Janeiro, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil mengandaskan wakil Inggris Marcus Ellis/Lauren Smith 21-12, 21-14 untuk mencapai putaran dua turnamen berlevel superseries premier itu.

Unggul jauh dari segi peringkat, Tontowi/Liliyna (peringkat 3) mendominasi gim pertama dengan memperoleh poin tanpa bisa disalip ataupun disamakan oleh Ellis/Smith hingga akhir gim pertama.

Kendati perolehan poin Tontowi/Liliyana berhasil disamakan beberapa kali oleh pasangan Inggris 4-4, 6-6, mereka berhasil kembali mendominasi permainan dan memastikan langkahnya ke putaran dua turnamen.

Kemenangan Edi/Gloria dan Tontowi/Liliyana ini menambah dua lagi slot ganda campuran di putaran dua turnamen Malaysia Terbuka 2017, setelah sebelumnya Praveen Jordan/Debby Susanto juga lolos ke putaran dua setelah menumbangkan wakil Thailand Nipithpon Puangpuapech/Jongkolphan Kittiharakul dengan skor 22-24, 21-12, 21-12.

Sementara di pertandingan lainnya, Sonny Dwi Kuncoro harus menyerah dari wakil China Huang Yuxiang 21-17, 21-9, yang menyebabkan nomor tunggal putra hanya menyisakan Tommy Sugiarto dan Jonathan Christie untuk bertanding di putaran dua Malaysia Terbuka 2017.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017