Jakarta (ANTARA News) - Pasangan ganda putra papan atas dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memastikan langkah Indonesia di nomor tersebut dalam turnamen bulu tangkis Malaysia Terbuka 2017 terus berlanjut setelah mereka berhasil memenangkan pertandingan putaran dua.

Dalam laman resmi federasi bulu tangkis dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Kamis, Marcus/Kevin berhasil menyudahi perlawanan pasangan China, Liu Cheng/Zhang Nan, dalam pertarungan dua gim berdurasi 34 menit dengan skor 23-21, 21-16.

Dalam pertarungan yang dilangsungkan di Stadion Perpaduan, Kuching, Negara Bagian Sarawak, Malaysia, kedua pasangan bermain dengan skor ketat sejak awal gim pembuka, bahkan di waktu interval skor menunjukan hanya selisih satu poin 11-10 untuk keunggulan Liu/Zhang.

Selepas jeda interval, pertarungan masih ketat, hingga Marcus/Kevin mampu tancap gas meninggalkan duet China 17-14, namun pasangan China tersebut kembali mengejar bahkan menyalip poin pasangan Indonesia.

Setelah itu, jual beli serangan akhirnya terjadi bahkan jelang akhir pertandingan, terjadi beberapa kali hasil imbang dengan kedua pasangan silih berganti memimpin perolehan poin 19-19, 20-20 dan 21-21, beruntung Marcus/Kevin berhasil memenangkan gim pembuka dengan meraih dua poin berturut-turut terlebih dahulu.

Kalah di gim pertama, pasangan China berhasil tancap gas lebih dulu, namun Marcus/Kevin berhasil mengejar dan menyeimbangkan skor 8-8. Akan tetapi, Liu/Zhang berhasil kembali "berlari" meninggalkan Marcus/Kevin hingga pasangan indonesia tertinggal 13-11.

Akan tetapi tidak butuh waktu lama, Marcus/Kevin berhasil mengembalikan performanya dan mampu membalikan kedudukan 15-13, namun pasangan China berhasil kembali mengejar dan menyamakan kedudukan 16-16. Beruntung, penampilan apik pasangan Indonesia bisa membuat "keran" poin pasangan China di angka 16 dan berhasil mencetak lima angka berturut-turut.

Dengan kemenangan itu, Marcus/Kevin berhasil melaju ke putaran perempat final turnamen berlevel superseries premier ini. Di putaran perempat final nanti, pasangan Indonesia yang kini berperingkat dua dunia akan meladeni pasangan peringkat satu dunia asal China Li Junhui/Liu Yuchen.

Kemenangan Marcus/Kevin ini menambah asa bagi ganda putra Indonesia di ajang Malaysia Terbuka 2017, setelah dua pasangan ganda putra Indonesia lainnya di putaran dua, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro harus tumbang.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tumbang oleh pasangan China Li Junhui/Liu Yuchen tiga gim 21-15, 17-21, 11-21. Sedangkan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro tumbang melawan pasangan Hong Kong Or Chin Chung/Tang Chun Man 18-21, 21-16, 18-21.

Kemenangan Marcus/Kevin ini sendiri menambah jumlah wakil Indonesia di putaran perempat final Malaysia Terbuka 2017 setelah sebelumnya pemain tunggal putra Jonatan Christie dan pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir lebih dulu ke perempat final.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017