Jakarta (ANTARA News) - Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memastikan satu tempat semifinal turnamen bulu tangkis Malaysia Terbuka 2017, setelah melewati drama tiga gim di perempat final.

Dipantau dari laman resmi federasi bulu tangkis (BWF) di Jakarta, Jumat, Tontowi/Liliyana memenangkan drama tiga gim di perempat final atas pasangan Korea Selatan Choi Solgyu/Chae Yoo Jung dalam pertarungan tiga gim berdurasi satu jam 22 menit dengan skor 16-21, 23-21, 22-20.

Dalam pertarungan di Stadion Perpaduan, Kuching, Negara Bagian Sarawak, Malaysia, Choi/Chae langsung tancap gas di awal gim pertama, walau sempat disamakan oleh pasangan Indonesia 3-3 dan 4-4, duet Korea Selatan itu kembali memimpin dan menyudahi waktu interval dengan skor 11-6.

Selepas jeda interval, Tontowi/Liliyana berhasil memperkecil ketertinggalan dengan membukukan empat angka berturut turut untuk memperkecil selisih angka menjadi 10-11, bahkan pasangan tanah air berhasil menyamakan kedudukan 13-13 dan 15-15, akan tetapi banyaknya faktor kesalahan sendiri memberi kesempatan pada pasangan Korea Selatan memenangkan gim pembuka, sementara duet tanah air hanya mampu menambah satu angka.

Tak mau menyerah begitu saja pada lawannya, Tontowi/Liliyana langsung tancap gas di awal gim kedua, akan tetapi Choi/Chae yang tidak kalah bermain apik, mampu menempel perolehan angka duet Indonesia.

Jelang akhir gim kedua, permainan makin terasa panas dengan perolehan poin yang sangat ketat dan beberapa kali hasil imbang, bahkan kedua pasangan harus memainkan adu setting dua kali setelah dua kali terjadi skor imbang 20-20 dan 21-21, namun saat posisi tinggal satu angka untuk memenangkan gim, pukulan smash Tontowi yang menghujam badan Choi, akhirnya memastikan gim penentu dimainkan.

Di awal gim penentuan, kedua pasangan bermain ketat dengan beberapa kali terjadi hasil imbang, 2-2, 3-3, 4-4, 5-5, 6-6 dan ketika skor kembali imbang 8-8, Tontowi/Liliyana berhasil meinggalkan perolehan Choi/Chae di waktu interval 11-9.

Selepas jeda interval, pasangan Indonesia tampak tidak terbendung, hingga akhirnya ketika memimpin 15-10, duet Korea Selatan mampu memperkecil hingga selisih satu angka dengan mengumpulkan empat poin berturut-turut, akan tetapi Tontowi/Liliyana berhasil kembali menjauh menjadikan skor 17-14.

Akan tetapi, faktor kesalahan sendiri dari pasangan Indonesia dan rapatnya pertahanan Choi/Chae, membuat pasangan Korea Selatan itu mampu kembali menyamakan kedudukan 17-17, namun Tontowi/Liliyana kembali memimpin, bahkan mendapatkan "match point" saat skor menunjukan 20-17.

Namun, lagi-lagi faktor kesalahan dari Tontowi/Liliyana, mampu membuat pasangan Korea kembali mendekati poin duet Indonesia, bahkan mampu memaksakan diadakannya adu seting di gim pamungkas ini.

Beruntung ketika pasangan Indonesia membuat kembali "match point", smash keras Tontowi tidak mampu dikembalikan dengan sempurna oleh Choi Solgyu yang memastikan langkah pasangan Indonesia peraih medali emas olimpiade Rio 2016 itu berlanjut ke semifinal.

Di empat besar nanti, Tontowi/Liliyana akan menantang pasangan China Lu Kai/Huang Yaqiong yang berhasil menumbangkan duet Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai 21-16, 21-17.

Kemenangan Tontowi/Liliyana ini menambah slot putaran semifinal Malaysia Terbuka 2017 bagi Indonesia setelah sebelumnya Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menumbangkan pasangan China Li Junhui/Liu Yuchen dalam pertarungan tiga gim berdurasi 52 menit dengan skor 7-21, 21-17, 21-17.

Sementara di putaran perempat final, masih ada Jonathan Christie yang harus berjuang kala menghadapi atlet senior asal China Lin Dan untuk memastikan tiga wakil tanah air melaju ke semifinal.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017