Jakarta (ANTARA News) - Klub papan atas Belanda, Ajax Amsterdam, berhasil menundukkan klub Jerman, Schalke, dengan skor 2-0 pada pertandingan pertama perempatfinal Liga Europa di Stadion Amsterdam Arena, Jumat waktu Indonesia.

Dua gol kemenangan Ajax diborong oleh gelandang Timnas Belanda, Davy Klaassen, yang menjebol gawang Schalke melalui tendangan penalti di babak pertama dan satu gol tambahan di babak kedua.

Kendati belum pasti lolos, namun kemenangan ini membuat pasukan Peter Bosz selangkah lagi menginjakkan kaki di semifinal Liga Europa karena hanya cukup bermain seri atau kalah dengan selisih satu gol pada leg kedua di Jerman yang berlangsung pekan depan.

Statistik UEFA mencatat kedua tim nyaris imbang dalam penguasaan bola dengan persentasi 51 berbanding 49 persen untuk Ajax. Namun klub asal Belanda itu mampu melepaskan 19 tembakan sementara Schalke hanya menggelontorkan enam sepakan selama 90 menit pertandingan.

Pada jalannya laga, Klaassen membobol gawang Schalke melalui eksekusi tendangan penalti menyusul pelanggaran Schopf kepada Younes pada menit 23. Seisi stadion Ajax pun bergemuruh seusai Klaassen menuntaskan sepakan penalti itu pada menit 25.

Klaassen menggenapkan kemenangan Ajax menjadi 2-0 dengan memaksimalkan umpan akurat yang dilepaskan Justin Kluivert pada menit 52.

Ajax memiliki beberapa peluang emas untuk menambah jumlah gol dari aksi Younes, Van de Beek, dan Viergever. Kiper Schalke, Fahrmann, tercatat melakukan 10 penyelamatan gawang pada laga ini. Skor 2-0 untuk kemenangan Ajax bertahan hingga laga selesai, demikian UEFA.

Susunan pemain:

Schalke (4-2-3-1): Fahrmann; Kehrer, Howedes, Nastasic, Kolasinac; Goretzka, Bentaleb; Schopf, Meyer, Caligiuri; Burgstaller.
Cadangan: Konoplyanka, Aogo, Stambouli, Badstuber, Huntelaar, Avdijaj, Nubel.

Ajax (4-3-3): Onana; Veltman, Sanchez, Viergever, Sinkgraven; Ziyech, Van de Beek, Klaassen; Kluivert, Younes, Traore.
Cadangan: Tete, Neres, De Jong, Dolberg, Boer, Nouri, De Ligt.

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017