Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla akan menjamu makan malam perwakilan Komite Olimpiade Asia (OCA) di Rumah Dinas Wapres, Menteng, Jakarta, Selasa malam, untuk membahas penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia.

"Pembicaraan dengan OCA nanti itu memang kita ingin diskusi soal penyelenggaraan, bagaimana kita melaksanakan Asian Games dengan fokus cost effective, termasuk cabang-cabang olahraga itu kita efisienkan," kata Wapres di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa.

Menurut Wapres, Indonesia akan tetap mengajukan 36 cabang olahraga untuk dipertandingkan dalam Asian Games 2018, karena itu pihaknya akan mulai pembicaraan tersebut dengan OCA, meskipun batas akhir negosiasi masih September 2017.

"Soal jumlah cabang olahraga yang pastinya kan tergantung negosiasi dengan OCA, nanti kita bicarakan," kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Mentrri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi, dan Ketua Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC) Erick Thohir juga direncanakan hadir dalam acara makan malam tersebut.

Sebelumnya, Wapres selaku Ketua Pengarah Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 juga telah memberikan keterangan terkait perkembangan persiapan penyelenggaraan acara tersebut kepada Presiden Joko Widodo.

"Memang Pak Presiden ingin setiap bulan, beliau di-update tentang perkembangan Asian Games, ini sekarang lagi kejar-kejaran dengan waktu dalam persiapan dan penyelenggaraan itu," kata dia.

Wapres menambahkan pihaknya mendorong secara insentif agar semua pihak bekerja dengan organisasi penyelenggara yang lebih efektif untuk menuntaskan persiapan Asian Games sebelum tenggat waktu.

"Makanya, sekarang semua bekerja, kita reorganisasi kembali penyelenggaraan supaya lebih simpel dan cepat diambil keputusan, dan juga payung hukum yang dibutuhkan soal anggaran, dan sebagainya bisa selesailah," kata dia.

Diwawancarai secara terpisah, sebelumnya, Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan OCA telah mengetahui cabang olahraga yang akan diselenggarakan Indonesia pada Agustus 2018 berjumlah 36 cabang.

Meskipun demikian, Erick menambahkan bahwa OCA belum meresmikan jumlah cabang olahraga dalam Asian Games 2018 yang semula 42 menjadi 36 cabang olahraga.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017