Samarinda (ANTARA News) - Kesebelasan Borneo FC berhasil menundukkan tamunya Semen Padang dengan skor tipis 1-0 pada lanjutan kompetisi Liga 1 2017 yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Senin petang.

Satu-satu gol kemenangan untuk tuan rumah dicetak oleh Lerby Eliandri Pongbabu pada menit 74 memanfaatkan bola muntah akibat kesalahan penjaga gawang Semen Padang M Ridwan yang gagal menangkap bola dengan sempurna.

Tampil dihadapan ribuan pendukungnya, tim berjuluk " Pesut Etam" tersebut langsung menerapkan strategi menyerang sejak kick off babak pertama.

Namun demikian, Kokohnya barisan pertahanan Semen Padang yang tampil cukup disiplin membuat Terens Puhiri dkk gagal memanfaatkan peluang untuk merubah skor hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, pelatih Borneo FC, Dragan Djukanovic menerapkan strategi baru dengan memasukan penyerang Lerbi Eliandri untuk mempertajam daya dobrak tim tuan rumah.

Beberapa kali peluang bisa tercipta oleh Terens Puhiri dan Lerbi di babak kedua, sayangnya selalu bisa diantisipasi oleh penjaga gawang Semen Padang Jandia Eka Putra.

Petaka tim Semen Padang, bermula dimenit 61 ketika harus kehilangan Jandia Eka Putra yang mengalami cidera kaki kirinya, akibat benturan dengan penyerang Borneo FC.

Penjaga gawang dengan penampilan rambut berkuncir tersebut sempat beberapa kali menjadi penyelamat bagi tim Kabau Sirah dari aksi barisan penyerang Borneo FC dan harus digantikan oleh rekannya M Ridwan.

Memasuki menit 71 pelatih Dragan Djukanovic mencoba memasukkan Sultan Samma untuk mempertajam aliran serangan tim tuan rumah.

Strategi pelatih asal Montenegro itu membuahkan hasil ketika Sultan Samma berhasil menusuk jantung pertahanan Semen Padang.

Pemain asal Samarinda itu sempat melakukan tendangan keras namun bisa gagalkan oleh penjaga gawang Semen Padang M Ridwan.

Sayangnya tangkapan M Ridwan yang tidak sempurna itu menjadikan bola justru mengarah pada Lerbi Eliandri, dengan sontekan keras penyerang yang juga berasal dari Samarinda itu berhasil menyarangkan bola dan menjadikan skor 1-0 untuk tim tuan rumah.

Tambahan tiga poin itu langsung menyodok posisi klasemen Borneo FC menempati peringkat kelima menggusur Semen Padang yang harus turun satu strip di peringkat ke enam dengan poin sama tujuh, namun kalah dalam produktivitas gol.

Pewarta: Arumanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017