Medan (ANTARA News) - Tim Pelatnas cabang olahraga biliar mengagendakan uji coba ke luar negeri yakni ke Shanghai dan Australia sebagai salah upaya mematangkan persiapan menghadapi SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Asisten pelatih biliar Indonesia Fadhil Nasution yang dihubungi dari Medan, Minggu, mengatakan Pelatnas biliar yang diikuti 10 atlet, akan mengikuti rangkaian try out dengan mengikuti sejumlah event internasional pada Juni mendatang.

"Di Shanghai akan ada kejuaraan dunia Pool putra dan putri mulai tanggal 1 hingga 12 Juni, dan kami rencana akan mengirimkan atlet untuk ikut event tersebut," katanya.

Sementara untuk nomor snooker carom, POBSI juga akan mengirimkan atletnya pada event di negeri Kanguru, yang akan dihelat 7 Juni hingga 14 Juni mendatang.

"Ada tiga atlet asal Sumut yang ikut pada dua program try out tersebut. Mereka adalah Marlando Sihombing, Jefri Zen serta Jaka Kurniawan," ucapnya.

Fadhil menambahkan, untuk try out tersebut, pihaknya tidak menargetkan perolehan medali, melainkan agar atlet pelatnas bisa merasakan atmosfer pertandingan internasional.

"Target untuk euforia, menangkap atmosfer bertanding internasional. Karena jam terbang itu sangat dibutuhkan ya. Kita untuk juara belum, karena kita baru kali ini ikut," katanya.

Sekaligus kata Fadhil, untuk melihat perkembangan anak asuhannya lantaran besar kemungkinan event tersebut juga akan diikuti atlet biliar dari negara di Asia Tenggara lainnya.

Pada SEA games tahun ini, tim boling ditangani pelatih kepala Mr Robby Suarly, dengan dibantu untuk divisi Pool, Edy Hartono, Snooker dan Carom Fadhil Nasution.

Selama bulan Ramadhan, persiapan tim pelatnas biliar Indonesia saat ini sudah memasuki pematangan teknik, dan mengurangi intensitas latihan fisik.

"Latihan mereka di pelatnas ada 10 sesi tiap minggu dengan intensitas 3 hingga 4 jam per sesi. Materi teknik intensitasnya kita tingkatkan, namun untuk latihan fisik dikurangi. Latihan teknik harus lebih ditingkatkan karena sudah memasuki program try out. Jadi, latihan mereka terus digenjot habis-habisan," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017