Sebanyak 15 pemain ini merupakan yang terbaik dan akan menjalani seleksi kembali untuk masuk tim inti,"
Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia fokus mempersiapkan 15 pemain di pemusatan latihan nasional yang akan diseleksi kembali secara ketat untuk mengikuti SEA Games 2013 di Myanmar.

"Sebanyak 15 pemain ini merupakan yang terbaik dan akan menjalani seleksi kembali untuk masuk tim inti," kata Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Pobsi Soedarjanto di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, sebelumnya Pobsi telah memperketat perekrutan pemain untuk masuk pelatnas. "Kami tidak mau asal mengambil pemain, terdapat mekanisme dan prosedur yang sudah kami siapkan," ujarnya

Pemain yang terpilih masuk pelatnas merupakan peraih medali emas, perak dan perunggu di ajang SEA Games 2011, kemudian periah emas dan perak di PON 2012 dan juga beberapa pemain yang telah mengharumkan nama bangsa di Turnamen Internasional pada kurun waktu 2011-2013.

"Contohnya Riyan Setiawan menjadi finalis di turnamen di Selangor atau Kuala Lumpur," kata Soedarjanto

Dalam pelatnas yang menurut Soedarjanto sudah dimulai sejak November ini, para pemain dilatih secara intensif dan terukur dari segi fisik, mental dan piskologis. Latihan untuk pemain dilakukan setiap hari dan dipusatkan di Jakarta.

Soedarjanto menjelaskan dalam jangka waktu dua hingga tiga bulan manajemen tim biasanya melakukan seleksi terhadap 15 pemain pelatnas. Selain teknis dan strategi, pemain juga mendapat perhatian khusus dari segi psikologis agar terdapat motivasi dan mental juara pada setiap diri pemain.

Soedarjanto yang juga merangkap sebagai Manajer Tim Biliar SEA Games 2013 mengatakan pelatih kepala Robby Suarly akan melakukan seleksi yang ketat terhadap 15 pemain ini untuk menjadi tim inti di SEA Games.

Tim inti biliar untuk SEA Games 2013, kata Soerdayatmo, diperkirakan berjumlah 12 orang, namun Pobsi masih menunggu ketentuan dari tuan rumah Myanmar.

SEA Games 2013 akan diselanggarakan pada Desember di Myanmar. Timnas biliar Indonesia akan mengirimkan delegasi untuk semua nomor biliar yaitu pool, snooker dan carom. Pada ajang sebelumya, pemain Indonesia Ricky Yang berhasil merebut satu medali emas.

Daftar lengkap 15 pemain yang mengikuti pelatnas untuk SEA Games 2013 untuk nomor pool pria adalah Ricky Yang, M. Zulfikri, Irsal Neza, Riyan Setiawan, Rico Herman, Candra.

Kemudian untuk tim pool wanita yaitu Angeline Magdalena, Amanda Rahayu, Junn Hartono, Nony Krystianti.

Untuk nomor snooker terdapat Rudy Sulaiman dan Yoni Rahmanto sedangkan untuk nomor Carom diisi Herowanto, Rudy Hasan dan James Lengkang.

(I029/N002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013