Keempat bayi kembar tersebut masih dalam perawatan di inkubator, semuanya sehat
Magelang (ANTARA News) - Pasangan Suprihatin (30) dengan Sari Nuryani (25) mendapat momongan bayi kembar empat yang dilahirkan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Gladiool, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Sari Nuryani di Magelang, Senin, mengatakan keempat anak kembarnya masing-masing dua berjenis kelamin laki-laki dan dua perempuan lahir pada Sabtu (27/5) sekitar pukul 08.00 WIB melalui operasi caesar.

Warga kampung Tidar Dudan RT 03/RW 12 Kelurahan Tidar Utara, Kota Magelang ini menuturkan dirinya mengetahui bakal mempunyai anak kembar empat saat usia kandungan tiga bulan waktu periksa di RS Gladiool.

"Saat kandungan berumur dua bulan diketahui hanya kembar dua, namun setelah periksa kandungan umur tiga bulan ternyata ada empat janin di dalam kandungan," katanya.

Menurut dia dari pihak keluarganya memang ada garis keturunan kembar, yakni pamannya kembar dua.

Ia mengatakan sebelum lahir banyak orang tidak percaya kalau dirinya mengandung empat bayi.

Ia menyampaikan bayi kembar empat ini merupakan anak pertamanya setelah menikah pada 2015.

Selama mengandung, katanya tidak ada kendala yang berarti, namun saat usia kandungan sudah tua dirinya sulit untuk tidur.

Suprihatin mengatakan keempat anaknya diberi nama Rasya Atinsa Ramadan, Nikaila Atinsa Ramadani, Arsyila Atinsa Ramadani, dan Rafka Atinsa Ramadan.

"Dengan dianugerahi empat momongan ini kami kaget, namun juga senang. Kami belum memutuskan untuk ikut program KB atau tidak," katanya.

Bidan Rumah Sakit Ibu dan Anak Gladiool, Endriana Ika (28) mengatakan keempat bayi kembar lahir dalam kondisi sehat, masing-masing dengan bobot 1,2 kilogram, 1,85 kilogram, 2,1 kilogram, dan 2 kilogram.

"Keempat bayi kembar tersebut masih dalam perawatan di inkubator, semuanya sehat. Namun bayi ketiga butuh bantuan nafas karena keluarnya agak lama," katanya.

Ia menuturkan baru pertama kali bayi kembar empat lahir di RS Gladiool, kalau kembar dua atau tiga sudah beberapa kali.

Ia menyebutkan kelahiran bayi kembar empat ini ditangani dua dokter spesialis kebidanan dan kandungan, yakni Doddy Susanto dan Yunita Erlina serta dua dokter spesialis anak, yakni Soelistiyono dan Chrisna Hendarwati.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017