Bandarlampung (ANTARA News) - Desa Ulu Belu Kabupaten Tanggamus dan Lapangan Korpri Kantor Gunernur Lampung, Bandarlampung, akan menjadi tuan rumah kegiatan Hari Kopi Internasional, pada 30 September-1 Oktober 2017.

"Lampung akan menjadi tuan rumah perayaan International Coffee Day 2017. Dengan tema Kopi untuk Kesejahteraan Masyarakat itu dilaksanakan di Ulu Belu Kabupaten Tanggamus dan Lapangan Korpri Kantor Gubernur Provinsi Lampung," kata Asisten Bidang Ekbang Setprov Lampung Adeham, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan, pelaksanaan kegiatan berlangsung dua hari tersebut mengundang para peserta dari berbagai kalangan masyarakat serta para wisatawan baik lokal, nasional maupun internasional.

Pemerintah Provinsi Lampung, lanjutnya, akan bersinergitas dan bekerja sama dengan semua pihak, baik pemerintah pusat maupun pemangku kepentingan lainnya seperti Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI), dan eksportir Kopi lainnya.

Adeham menjelaskan pelaksanaan kegiatan bertujuan untuk lebih mengenalkan kopi robusta asal Lampung, meningkatkan produksi kopi robusta dan meningkatkan kualitas kopi untuk mensejahterakan para petani kopi.

"Untuk itu diharapkan kerja sama semua pihak untuk menyukseskan gelaran Intenational Coffee Day di Lampung, selain itu pasca acara ini harus ada tindaklanjut dengan melakukan pembinaan secara langsung kepada petani untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi Lampung," ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Lampung Tonny L Tobing menjelaskan dalam pelaksanaan International Coffee Day akan terdapat berbagai acara di antaranya seminar kopi, wisata kopi, praktik budi daya kopi robusta, pemberian bantuan bibit, pemutaran film dan dokumentasi kopi robusta, peragaan busana, minum kopi pameran dan berbagai lomba seperti barista, lomba kuliner dan test cup.

Kegiatan wisata kopi, praktik budi daya kopi robusta, pemberian bantuan bibit akan dilaksanakan di Ulu Belu Tanggamus, sedangkan seminar kopi dilaksanakan di Balai Keratun Lantai III pada 30 September 2017, dan pemutaran film serta dokumentasi kopi robusta pada malam harinya.

Peragaan busana, minum kopi pameran dan berbagai lomba seperti barista, lomba kuliner dan "test cup" dilaksanakan pada 1 Oktober 2017.

Wakil Wali Kota Bandarlampung M. Yusuf Kohar yang juga ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apkindo) Lampung berharap pelaksanaan kegiatan tersebut mencapai tujuan yang ditargetkan.

"Kami harus mempersiapkan konsep dengan matang. Baik dari pendanaan dan perencanaan yang matang, semua eksportir kopi harus turut mendukung Provinsi Lampung, sehingga penyelenggaraan International Coffee Day mampu berjalan dengan sukses," jelas Yusuf.

Pewarta: Agus WK
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017